EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK BIOLOGI MATERI VIRUS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N 1 SEWON

WAHDATUL IKHSANIYAH, NIM. 10680038 (2015) EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK BIOLOGI MATERI VIRUS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK BIOLOGI MATERI VIRUS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N 1 SEWON)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK BIOLOGI MATERI VIRUS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA N 1 SEWON)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media komik biologi materi virus melalui pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA N 1 Sewon. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy experiment) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design untuk hasil belajar, dan posttest only group design untuk motivasi belajar. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak dan menggunakan tiga kelas yaitu X MIA 5 sebagai kelas kontrol, X MIA 3 sebagai kelas eksperimen 1, dan X MIA 1 sebagai kelas eksperimen 2. Kelas kontrol menggunakan media pembelajaran lembar kerja siswa (LKS) dan media power point (PPT) yang disertai model pembelajaran direct instruction (DI), kelas eksperimen 1 menggunakan media pembelajaran lembar kerja siswa (LKS) dan media power point (PPT) yang disertai model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, sedangkan kelas eksperimen 2 pembelajarannya menggunakan media komik biologi disertai model pembelajaran kooperatif CIRC. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui test (pretest/posttest) dan non test (angket motivasi). Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik kruskal wallis untuk data motivasi belajar, one way anova untuk data hasil belajar, serta analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain 1) Nilai signifikansi pada uji kruskal wallis untuk data motivasi belajar siswa sebesar 0,001 (p < 0,05), sehingga media komik biologi materi virus melalui pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) efektif terhadap motivasi belajar siswa. 2) Nilai signifikansi pada uji one way anova untuk data hasil belajar siswa sebesar 0,000 (p < 0,05), sehingga media komik biologi materi virus melalui pembelajaran kooperatif tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : komik biologi, model pembelajaran CIRC, motivasi belajar, hasil belajar, virus
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Apr 2015 08:32
Last Modified: 17 Apr 2015 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15801

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum