PENGARUH PENGGUNAAN ENSIKLOPEDI BAHAN PRAKTIKUM KELAS XI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA

FEBRINA CHOLIFATUR ROSIDHA, NIM. 10680062 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN ENSIKLOPEDI BAHAN PRAKTIKUM KELAS XI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN ENSIKLOPEDI BAHAN PRAKTIKUM KELAS XI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN ENSIKLOPEDI BAHAN PRAKTIKUM KELAS XI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN LAB UIN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ensiklopedi bahan praktikum kelas XI terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MAN Lab UIN Yogyakarta. Penelitian ini termasuk eksperimen semu (Quasi-eksperimental) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dengan demikian akan diberikan dua perlakuan yang berbeda antara kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen menggunakan ensiklopedi bahan praktikum dan petunjuk praktikum ketika pembelajaran. Sementara kelas kontrol hanya menggunakan petunjuk praktikum.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Hasilnya diperoleh sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Angket digunakan untuk mengambil data motivasi belajar sedangkan tes digunakan untuk pengambilan data hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian dengan uji Mann Whitney U menunjukkan nilai sig.0,098 > α (0,05) sehingga H0 diterima. Artinya penggunaan ensiklopedi tidak memberi perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa karena baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol, keduanya memiliki motivasi yang samasama tinggi. Sementara itu menggunakan uji t menunjukkan nilai sig. 0,003 < α (0,05) sehingga H0 ditolak. Artinya penggunaan ensiklopedi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Meskipun ensiklopedi tidak memberi pengaruh berbeda yang signifikan pada motivasi belajar siswa dikarenakan faktor yang lain, akan tetapi direkomendasikan dalam kegiatan pembelajaran praktikum kelas XI di MAN Lab UIN Yogyakarta untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keywords: Ensiklopedi bahan praktikum, motivasi belajar, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Apr 2015 08:41
Last Modified: 17 Apr 2015 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15805

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum