PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM SEBAGAI SARANA BERPIKIR KREATIF SISWA SMA/MA

MUDRIKAH FADLILASARI, NIM. 09690037 (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM SEBAGAI SARANA BERPIKIR KREATIF SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM SEBAGAI SARANA BERPIKIR KREATIF SISWA SMA/MA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM SEBAGAI SARANA BERPIKIR KREATIF SISWA SMA/MA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh bahan ajar fisika berbasis open-ended problem sebagai sarana berpikir kreatif siswa SMA/MA yang berkualitas melalui proses pengembangan, (2) mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model prosedural. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada prosedur penelitian pengembangan oleh Tim Puslitjaknov yang mengadaptasi pada penelitian pengembangan Borg dan Gall. Langkah pengembangan tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, serta (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penelitian berupa lembar validasi bahan ajar, skala penilaian, tes uji rumpang, dan skala respon siswa. Penilaian kualitas bahan ajar dan respon siswa menggunakan skala Likert 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar fisika berbasis open-ended problem sebagai sarana berpikir kreatif siswa SMA/MA kelas X semester genap dengan kualitas baik dengan tingkat keterbacaan bahan ajar termasuk dalam kriteria sedang. Siswa setuju terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil ini memberi harapan bahwa bahan ajar akan dapat memfasilitasi keterampilan berpikir kreatif siswa SMA/MA dalam proses pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: KATA KUNCI: bahan ajar, open-ended problem, berpikir krea
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2015 11:34
Last Modified: 22 Apr 2015 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15822

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum