PERBEDAAN METODE GUIDED DISCOVERY DAN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

MUCHAMAD AMIRUL YACHYA, NIM. 10690031 (2015) PERBEDAAN METODE GUIDED DISCOVERY DAN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN METODE GUIDED DISCOVERY DAN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN METODE GUIDED DISCOVERY DAN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA metode guided discovery dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA metode eksperimen. (2) Peningkatan hasil belajar ranah kognitif antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA metode guided discovery dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran IPA metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan Matching Pretest- Posttest Comparison Group Design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa metode guided discovery dan eksperimen serta variabel terikat berupa hasil belajar yang meliputi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Populasi adalah seluruh kelas VII MTs Negeri Ngemplak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling yaitu class random sampling, sehingga ditetapkan kelas VII A sebagai kelas eksperimen I dan VII C sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner, dan observasi. Bentuk instrumennya menggunakan soal pretest dan posttest, skala pengukuran afektif dan lembar check list psikomotorik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik yaitu uji t, statistik nonparametrik yaitu uji Mann-Whitney U, dan normalized gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar ranah kognitif dan psikomotorik, tetapi ada perbedaan hasil belajar ranah afektif. (2) Pembelajaran metode guided discovery dan eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan klasifikasi N-gain kelas eksperimen I (sedang) lebih tinggi dari klasifikasi N-gain kelas eksperimen II (rendah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode Guided Discovery, metode Eksperimen, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2015 13:41
Last Modified: 22 Apr 2015 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15842

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum