ANALISIS TERHADAP PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA SEBAGAI MODEL PEMBINAAN BAGI NARAPIDANA

MU’AFIF, NIM. 10340163 (2015) ANALISIS TERHADAP PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA SEBAGAI MODEL PEMBINAAN BAGI NARAPIDANA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TERHADAP PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA SEBAGAI MODEL PEMBINAAN BAGI NARAPIDANA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TERHADAP PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A YOGYAKARTA SEBAGAI MODEL PEMBINAAN BAGI NARAPIDANA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap orang berhak atas perlindungan hak asasi manusia dan kebebasan dasar manusia tanpa diskriminasi. Begitu juga dengan seorang yang menyandang status sebagai narapidana tidak boleh dirampas hak-haknya begitu saja, namun dalam hal ini memang sebagai narapidana ruang geraknya dibatasi tidak seperti halnya manusia bebas pada umumnya. Mengenai apa yang menjadi hak-hak seorang narapidana diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Dari beberapa hak yang harus dipenuhi salah satunya yaitu hak mengenai pendidikan. Sama halnya dengan hak-hak lainnya yang begitu penting untuk diperhatikan, tetapi hak untuk mendapat pendidikan begitu berpengaruh besar untuk bekal bagi narapidana ketika telah selasai menjalani masa pidananya. Dengan pendidikan bisa meningkatakan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa untuk ikut serta dalam pembangunan nasional. Untuk mengetahui fakta keadaan narapidana tentang pemenuhan hak tersebut maka diadakannya penelitian. Penelitian dalam hal ini dilakukan di Lapas Klas II A Yogyakarta karena Lapas tersebut merupakan salah satu Lapas terbaik yang ada di Yogyakarta. Berdasarkan hal tersebut maka dirumuskan pokok permasalahan mengenai bagaimana pelaksanaan pemenuhan hak pendidikan di Lapas Klas II A Yogyakarta sebagai model pembinaan bagi narapidana dan apakah pelaksanaan pemenuhan hak pendidikan di Lapas Klas II A Yogyakarta sesuai dengan pembinaan yang telah diatur dalam Undang-Undang nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang objeknya yaituLapas Klas II A Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris yaitu suatu penelitan yang diawali dari menganalisa terhadap pasal-pasal dalam peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang permasalahan pembinaan narapidana, kemudian dilanjutkan dengan melihat penerapannya di lapangan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu pemenuhan hak pendidikan bagi narapaidana terpenuhi secara baik dan tata cara pelaksanaan hak tersebut bila melihat dan meninjau yang ada di undang-undang dan peraturan yang mengatur hal itu, Lapas Klas II A Yogyakarta sudah sesuai. Pendidikan yang ada di Lapas tersebut ada dua yaitu pendidikan kepribadian dan kemandirian. Pendidikan kepribadian meliputi pembinaan rohani, buta aksara dan buta huruf, dan bimbingan bangga berbangsa dan bernegara serta olahraga, sedangkan pendidikan kemandirian meliputi pertukangan kayu, las listrik, pembuatan keset, sablon, persepatuan, menjahit, potong rambut, elektronika, dan peternakan. Narapidana menjadi lebih baik setelah dibina dalam Lapas dan itu menjadi bukti nyata dari tujuan Lapas, tetapi dalam pelaksanaan pemenuhan hak pendidikan yang masih perlu diperhatikan yaitu mengenai sarana dan prasarana yang belum memadai secara keseluruhan. Hal ini yang menjadi kendala dan kurang efektif dalam pemenuhan pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Dr. H. MAKHRUS MUNAJAT., S.H., M.Hum 2. AHMAD BAHIEJ S.H., M.Hum
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Apr 2015 09:16
Last Modified: 24 Apr 2015 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum