POLIGAMI MENURUT NY AI-NY AI MUDA PONDOK PESANTREN YAY ASAN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

MA' ARIF SYAIFUDIN, NIM. 10350018 (2015) POLIGAMI MENURUT NY AI-NY AI MUDA PONDOK PESANTREN YAY ASAN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLIGAMI MENURUT NY AI-NY AI MUDA PONDOK PESANTREN YAY ASAN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (POLIGAMI MENURUT NY AI-NY AI MUDA PONDOK PESANTREN YAY ASAN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pernikahan menurut Islam adalah akad yang sangat kuat untuk mentaati perintah Allah SWT serta mengikuti sunnah Rasul dan yang melaksanakannya adalah ibadah adapun tujuan pernikahan adalah untuk membentuk keluarga yang sakinah mawaddah dan rᾱhmah, perkawinan yang diinginkan seseorang adalah pernikahan yang monogami, hal ini dikarenakan bahwa pernikahan yang monogami lebih tenteram dan lebih nyaman dilaksanakan dalam rumah tangga daripada pernikahan yang isterinya lebih dari satu. Banyak di kalangan masyarakat yang memperdebatkan boleh atau tidaknya sebuah praktik poligami, bukan hanya seorang ulama akan tetapi akademisi muslimpun memperdebatkan poligami dari beberapa penanfsiran. Poligami jika dilihat dari pihak suami pasti lebih ringan dari sudut kacamata isteri. Dari sini timbul pertanyaan bagaimana pendapat Ibu Nyai Muda Pondok Pesantren Yayasan Ali Maksum Krapyak Yogyakarta berpendapat tentang praktik poligami yang selama ini masih banyak diperdebatkan? Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan oleh karena itu metode pengumpulan data dengan wawancara kepada Ibu Nyai Muda Pondok Pesantren Yayasan Ali Maksum. Penelitian ini bersifat deskripsi analisis yaitu menjelaskan sebuah kasus kemudian di analisis sehingga penelitian ini memberikan kepastian hukum. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kajian pustaka. Pendekatan masalah penelitian ini menggunakan pendekatan normatif yaitu pendekatan masalah dengan melihat pendapat Ibu Nyai Muda Pondok Pesantren Yayasan Ali Maksum serta dalil-dalil al-Qur‟an, sunnah, pendapat para ulama dan maslahah. Cara berfikir yang penyusun gunakan dalam menganalisis yaitu dengan berfikir induktif, dimana penyusun menganalisis data dimulai dari kasus-kasus yang diteliti kemudian digenerasikan pada suatu kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Ibu Nyai Muda Pondok Pesantren Yayasan Ali Maksum Krapyak Yogyakarta berpandangan pernikahan yang ideal dan yang diharapkan adalah pernikahan yang monogami, karena dengan pernikahan monogami seorang suami bisa lebih konsentrasi memberikan nafkah kepada anak dan seorang isteri saja. Suami tidak terbebani dengan faktor kemampuan berbuat adil, terkecuali ketika ada beberapa faktor yang menjadikan alasan seorang suami yang akan melakukan poligami antara lain; isteri mandul, mempunyai penyakit yang sulit untuk disembuhkan, seorang isteri tidak bisa memenuhi kewajibannya. Hal ini diambil dengan berpedoman kepada kemaslahatan yang lebih banyak ketika melakukan sebuah keputusan untuk berpoligami atau tidak berpoligami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Hj. FATMA AMILIA S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: poligami boleh dilakukan dengan beberapa alasan: isteri mandul, isteri mempunyai penyakit yang sulit untuk disembuhkan, serta isteri tidak bisa memenuhi kewajibannya.
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Apr 2015 08:49
Last Modified: 04 May 2016 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15894

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum