PERAN GANDA ISTRI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS PEREMPUAN BURUH GENDONG DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA TAHUN 2014)

NOVI PERWITASARI, NIM. 11350040 (2015) PERAN GANDA ISTRI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS PEREMPUAN BURUH GENDONG DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA TAHUN 2014). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PERAN GANDA ISTRI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS PEREMPUAN BURUH GENDONG DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA TAHUN 2014))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (PERAN GANDA ISTRI DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS PEREMPUAN BURUH GENDONG DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA TAHUN 2014))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial, yaitu satu dengan yang lainnya sama-sama membutuhkan untuk saling melengkapi dan membantu menyelesaikan beberapa hal dalam kehidupannya, salah satunya dengan pernikahan. Suami istri dapat membantu tugas yang diemban oleh masingmasing pasangan, sehingga hak dan kewajiban suami istri dapat terpenuhi, baik dalam nafkah lahir ataupun batin. Secara umum suami adalah pencari nafkah di luar rumah dan istri adalah ibu rumah tangga, namun di pusat Kota Yogyakarta tepatnya di Pasar Beringharjo terdapat fenomena yang berbeda dengan pandangan masyarakat pada umumnya. Banyak perempuan yang bekerja sebagai buruh gendong di sana, sedangkan statusnya adalah seorang istri. Tidak ada kisaran waktu yang pasti berapa jam mereka bekerja, hanya saja perempuan buruh gendong menyesuaikan dari jam buka dan jam tutupnya pasar. Selama bekerja mereka harus meninggalkan suami dan keluarganya dalam kurun waktu setengah hari ataupun seharian untuk bekerja di pasar. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian kepada perempuan buruh gendong. Dalam hal ini penulis menitik beratkan pada apa faktor yang mempengaruhi mereka bekerja, bagaimana pembagian peran antara suami istri serta bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap istri yang bekerja sebagai buruh gendong. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan, yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara kepada 10 orang resonden perempuan yang bekerja sebagai buruh gendong di Pasar Beringharjo dan melakukan kajian terhadap dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu penelitian yang menggambarkan, menguraikan, dan menganalisa realita yang dialami perempuan buruh gendong terhadap peran di ranah publik dan domestik. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan pendekatan normatif yuridis, yakni dengan pendekatan Al-Qur’an, hadis serta dengan konsep dalam Undang-undang. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah perempuan buruh gendong di Pasar Beringharjo selain bekerja di ranah publik sebagai buruh gendong juga bekerja di ranah domestik sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga. Namun hal ini tidak ada masalah dalam keluarga buruh gendong, dikarenakan dalam keluarga buruh gendong memiliki prinsip untuk saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya, baik komunikasi dalam hal perizinan ataupun komunikasi dalam hal pembagian peran suami istri, sehingga dalam keluarga buruh gendong memiliki prinsip keluarga equal partnership, yaitu antara suami istri keduanya adalah sejajar dan partner dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Oleh karena itu hak dan kewajiban dalam rumah tangga dapat dipenuhi bersama-sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DOSEN PEMBIMBING: Hj. FATMA AMILIA, S.Ag., M.Si.
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Apr 2015 13:39
Last Modified: 04 May 2016 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15908

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum