PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CUSTOMER DELIGHT (KEGEMBIRAAN PELANGGAN) TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA (STUDI KASUS PADA BMT MITRA ARTHA SYARIAH YOGYAKARTA)

ROVI WIJANARKO, NIM. 10390039 (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CUSTOMER DELIGHT (KEGEMBIRAAN PELANGGAN) TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA (STUDI KASUS PADA BMT MITRA ARTHA SYARIAH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CUSTOMER DELIGHT (KEGEMBIRAAN PELANGGAN) TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA (STUDI KASUS PADA BMT MITRA ARTHA SYARIAH YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CUSTOMER DELIGHT (KEGEMBIRAAN PELANGGAN) TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA (STUDI KASUS PADA BMT MITRA ARTHA SYARIAH YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Baitul Maal wat Tamwil (BMT) merupakan salah satu bagian dari lembaga keuangan Islam yang turut berperan bagi kemajuan sektor riil. Lembaga keuangan Islam didirikan dengan tujuan mempromosikan dan mengembangkan penerapan prinsip-prinsip Islam, syariah, dan tradisinya ke dalam transaksi keuangan dan perbankan serta bisnis yang terkait. Kehadiran BMT pada khususnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas usaha ekonomi bagi kesejahteraan anggota, dan masyarakat pada umumnya. Pada dasarnya BMT dapat dikatakan sebagai usaha bisnis berupa BMT Mitra Artha Syariah telah memiliki mitra-mitra usaha yang senantiasa loyal dengan jasa keuangan yang diberikan olah BMT Mitra Artha Syariah. Meskipun telah banyak lembaga keuangan sejenis, bahkan lembaga keuangan perbankan umum yang diketahui memiliki kapasitas modal yang lebih besar, situasi tersebut tidak menyurutkan sikap kesetiaan mitra untuk tetap menggunakan jasa permodalan dari BMT Mitra Artha Syariah, terutama jasa permodalan produktif. Fakta ini menjadi penting untuk diteliti mengingat BMT Mitra Artha Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang memberlakukan sistem kredit sangat selektif kepada setiap mitra yang akan mengajukan modal pembiayaan. Namun demikian, banyak mitra yang justru tetap loyal meskipun sistem tersebut telah sejak lama diberlakukan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data yang diperoleh berasal dari 97 kuestioner yang disebar kepada mitra BMT Mitra Artha Syariah dengan teknik purposive sampling. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas pelayanan dengan 5 indikator yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles. Dan variabel selanjutnya adalah costumer dilight (kegembiraan anggota) dengan 3 indikator yaitu Justice (keadilan), Esteem (penghargaan), Finishingtouch (sentuhan akhir). Sedangkan loyalitas adalah variabel dependen. Untuk memperjelas pengaruh variabel, data yang diperoleh dianalisis mengunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien determinasi R square menunjukan angka 0.147, hal ini berarrti variabel dependen ( loyalitas mitra BMT) dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan dan costumer dilight (kegembiran pelanggan) sebesar 14,7% dan sebesar 85, 3 % di pengaruhi oleh variabel – variabel lain . Secara parsial berdasarkan uji t variabel kualitas pelayanan dan costumer dilight menunjukkan hasil positif dan signifkan terhadap loyalitas . berdasarkan hasil uji F menunjukkan angka signifikansi 0,001. Hal ini berarti variabel dependen (loyalitas mitra BMT) secara bersama-sama dapat dijelaskan oleh variabel independen (kualitas pelayanan dan costumer dilight) .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. Sunarsih, SE., M.Si. 2. M. Ghafur Wibowo, SE., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Loyalitas , Kualitas Pelayanan , Costumer Dilight (Kegembiraan Pelanggan)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 May 2015 08:41
Last Modified: 04 May 2015 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15922

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum