TRANSFORMASI KONFLIK DALAM RUMAH TANGGA (STUDI ATAS PENANGANAN KASUS-KASUS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI SAHABAT KELUARGA YOGYAKARTA)

MURYANA, NIM. 08215553 (2012) TRANSFORMASI KONFLIK DALAM RUMAH TANGGA (STUDI ATAS PENANGANAN KASUS-KASUS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI SAHABAT KELUARGA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRANSFORMASI KONFLIK DALAM RUMAH TANGGA (STUDI ATAS PENANGANAN KASUS-KASUS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI SAHABAT KELUARGA YOGYAKARTA))
BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (TRANSFORMASI KONFLIK DALAM RUMAH TANGGA (STUDI ATAS PENANGANAN KASUS-KASUS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI SAHABAT KELUARGA YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV, V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Transformasi konflik merupakan upaya perubahan paradigma untuk melihat konflik secara positif sehingga memberikan kontribusi yang konstruktif bagi kehidupan. Dengan asumsi bahwa konflik selayaknya diselesaikan, dikelola, dan diresolusi bahkan ditransformasi oleh disputant, salah satunya dengan metode Alternatif Dispute Resolution (ADR). Konflik dapat melahirkan berbagai respon, salah satunya kekerasan terhadap perempuan dalam rumah tangga. Kekerasan ini merupakan perilaku manusia, yang dapat berubah dan diubah. Upaya untuk mengubah dan menghapus kekerasan sampai titik nol dilakukan oleh Sahabat Keluarga Yogyakarta dengan memberikan layanan konseling dan pendampingan bagi korban kekerasan berangkat dari spirit agama Islam. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang bentuk-bentuk kasus kekerasan terhadap perempuan dalam rumah tangga dan metode penanganan yang dilakukan oleh Sahabat Keluarga, serta perannya dalam transformasi konflik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memetakan kasuskasus kekerasan tersebut, dan mengetahui metode penanganan yang digunakan oleh Sahabat Keluarga, serta mengetahui peran Sahabat Keluarga dalam transformasi konflik. Penelitian ini diharapkan dapat menggali pusat krisis berbasis komunitas yang berdasar pada spirit agama Islam, dan mengeksplorasi signifikansi dan relevansi agama melalui aktor dan institusi keagamaan dalam transformasi konflik. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), studi atas Sahabat Keluarga Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan partisipasi terlibat (participant observation) melalui wawancara dan pengamatan. Untuk itu, penelitian ini menggunakan pendekatan Sosiologis dan Psikologis karena melihat transformasi konflik dari perubahan perilaku korban. Dari penelitian ini diperoleh jawaban bahwa kekerasan terhadap istri (KTI) adalah kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang lebih banyak terjadi dan ditangani oleh Sahabat Keluarga, selain kasus kekerasan dalam pacaran (KDP), perkosaan, dan kekerasan terhadap anak (KTA). Kasus-kasus tersebut lebih banyak ditangani dengan negosiasi dalam metode ADR daripada arbitrasi dan adjudikasi. Hal ini menunjukkan bahwa konflik yang terjadi dan ditangani belum sepenuhnya membutuhkan keterlibatan pihak ketiga, konselor, dan masih dapat diselesaikan dengan meningkatkan kemampuan komunikasi secara terbuka dalam keluarga. Selain juga menunjukkan peran konselor sebagai observer dalam manajemen konflik untuk membangun kemandirian dan keberdayaan, serta kesadaran disputant dalam menghadapi masalahnya sendiri. Inilah yang kemudian menunjukkan bahwa perubahan personal pada perilaku disputant menjadi syarat utama dalam mempertahankan keutuhan keluarga sakinah sebagai upaya transformasi konflik. Dengan demikian, transformasi konflik dalam penanganan kasus di Sahabat Keluarga adalah upaya mempertahankan keutuhan keluarga berdasar pada prinsip keluarga sakinah dalam agama Islam ketika menghadapi konflik dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Siti Syamsiatun, M.A.,Ph. D.
Uncontrolled Keywords: konflik dalam rumah tangga
Subjects: Hukum Keluarga
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Agama dan Filsafat (S2) > Studi Agama dan Resolusi Konflik
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Apr 2015 14:11
Last Modified: 13 Dec 2018 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15928

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum