PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DES 2010-2013

RIFADLI D. KADIR, NIM. 10390040 (2015) PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DES 2010-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DES 2010-2013)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEPEMILIKAN SAHAM, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN WAJIB LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI DES 2010-2013)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Laporan keuangan menjadi salah satu sarana komunikasi mengenai informasi keuangan dan hasil operasional perusahaan kepada pihak-pihak di luar perusahaan. Laporan keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan harus dapat dipahami, relevan, andal, dapat dibandingkan dan konsisten. Untuk itu diperlukan pengungkapan (disclosure) yang memadai dalam laporan keuangan. Pengungkapan dalam laporan keuangan dibagi menjadi pengungkapan wajib (mandatory disclosure) dan pengungkapan sukarela (voluntary disclosure). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan kepemilikan saham publik, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap luas pengungkapan wajib laporan keuangan (mandatory disclosure) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di DES tahun 2010-2013. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepemilikan saham publik, ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh terhadap luas pengungkapan wajib laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di DES. Teknik analisis menggunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Kepemilikan saham publik tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan wajib laporan keuangan dikarenakan jumlah saham yang dimiliki oleh publik tidak terlalu besar, sehingga tidak signifikan mempengaruhi manajemen dalam penentuan luas pengungkapan. Profitabilitas tidak berpengaruh karena adanya asumsi goingconcern perusahan yang tetap mengungkapkan informasi tidak peduli labanya tinggi atau rendah. Sedangkan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap luas pengungkapan wajib laporan keuangan, hal ini dikarenakan adanya kemampuan pendanaan perusahaan dalam mengungkapkan informasi keuangan lebih banyak sehingga mempengaruhi dalam luas pengungkapan laporan keuangan yang disajikan. Dari hasil uji F, secara simultan kepemilikan saham, ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap luas pengungkapan wajib laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Misnen Ardiansyah, S.E., M.Si., Akt. Dian Nuriyah Solisa, S.H.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Luas pengungkapan wajib, kepemilikan saham publik, ukuran perusahaan, dan profitabilitas.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 May 2015 08:43
Last Modified: 04 May 2015 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15930

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum