MANAJEMEN PERUBAHAN KURIKULUM KTSP 2006 KEKURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 KEDIRI

BASHORI, S.PD.I, NIM 1320411251 (2015) MANAJEMEN PERUBAHAN KURIKULUM KTSP 2006 KEKURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 KEDIRI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PERUBAHAN KURIKULUM KTSP 2006 KEKURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 KEDIRI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PERUBAHAN KURIKULUM KTSP 2006 KEKURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 KEDIRI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Suatu keniscayaan yang selalu terjadi di dunia ini adalah perubahan. Dalam dunia yang semakin kompetitif, melakukan transformasi perubahan adalah sebuh keharusan. Pendidikan sebagai penyeimbang tatanan sosial tidak lepas dari perubahan. Tuntutan kualitas pendidikan yang bermutu menjadi bagian yang mesti dikembangkan demi merespon persaingan dunia yang semakin kompetitif. Melalui konsep perubahan kurikulum, pemerintah mencoba merelevansikan gejala perubahan yang terjadi saat ini dengan mengembangkan mutu pendidikan yang lebih baik. Perubahan Kurikulum KTSP ke-Kurikulum 2013 adalah salah satu jawaban dari kebijakan perubahan tersebut. Konsekuensi logis dari adanya perubahan kurikulum yang terjadi saat ini adalah sistem yang berada dalam ruang lingkup implementasi kurikulum atau stakeholder menjadi bagian yang perlu dikaji untuk mengetahui proses manajemen perubahan kurikulum secara nyata. Berdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan snowboll sampling. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penganalisisan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif-kualitatif dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, proses manajemen implementasi kurikulum KTSP ke kurikulum 2013 di SMA NEGERI 1 Kediri meliputi kegiatan: (a) Planning, berpedoman pada kalender pendidikan Jawa Timur, proses soialisasi, dan draft Kurikulum 2013 uji publik tahun ajaran 2013/2014; (b) Organizing; berupa keputusan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) dan anggota organisasi Tim Pengembang Kurikulum (TPK) SMAN 1 Kediri; (c) Actuating, berupa kegiatan kemitraan, pelatihan guru & pendampingan; hingga implementasi terbatas; dan (d) Controlling, melalui proses monitoring dan evaluasi. Secara praktis keempat fungsi tersebut berjalan secara efektif. Hanya proses controlling yang belum mampu terlaksana secara efektif dan nyata di lapangan. Kedua, dampak manajemen perubahan terhadap proses pembelajaran yaitu: (a) Perananan Bimbingan dan Konseling (BK); (b) Pelabelan jurusan (peminatan); (c) Buku guru dan buku siswa; (d) Konsep mata pelajaran; (e) Konsep penilaian; dan (f) Pendekatan saintifik (scientific approach). Ketiga, faktor pendukung dan penghambat terimplementasikannya Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Kediri yaitu; sebagai faktor pendukungnya meliputi: (a) Mantan sekolah RSBI; (b) Mantan Full Day School; (c) Peserta didik; (d) tenaga pendidik; dan (e) Analisis kurikulum. Sedangkan sebagai faktor penghambatnya yaitu: (a) Pengadaan buku; (b) Sarana dan prasarana; dan (c) pendanaan. Kata kunci: Mananajemen Perubahan, Kurikulum KTSP 2006, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. HAMDAN DAULY, M.Si., MA
Uncontrolled Keywords: Mananajemen Perubahan, Kurikulum KTSP 2006, Kurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 May 2015 07:45
Last Modified: 06 May 2015 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum