PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TASAWUF (Studi Analisis Kitab al-Risalat al-Qusyairiyyat Fi ‘Ilmi al-Tasawwuf)

DIAN DINARNI, NIM. 1320410099 (2015) PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TASAWUF (Studi Analisis Kitab al-Risalat al-Qusyairiyyat Fi ‘Ilmi al-Tasawwuf). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TASAWUF (Studi Analisis Kitab al-Risalat al-Qusyairiyyat Fi ‘Ilmi al-Tasawwuf))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TASAWUF (Studi Analisis Kitab al-Risalat al-Qusyairiyyat Fi ‘Ilmi al-Tasawwuf))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh belum berhasilnya Pendidikan Karakter dalam membentuk nilai-nilai karakter secara religius. Hal tersebut dapat dilihat dengan masih banyaknya perilaku-perilaku negatif yang dilakukan oleh para pelajar. Berangkat dari masalah tersebut, perlu adanya pendekatan yang berwawasan tasawuf dalam membentuk karakter. Dari alasan di atas, peneliti tertarik menganalisis kitab al-Risalat al- Qusyairiyyat Fi ‘Ilmi al-Tasawwuf yang dikarang oleh Abu al-Qasim ‘Abd al-Karim Hawazin al-Qusyairi al-Naisaburi untuk menjawab keingintahuan dengan pertimbangan bahwa kitab tersebut masih relevan diterapkan pada zaman sekarang, selain itu, karena kitab ini memiliki keunikan dan gagasan-gagasan yang dipublikasikan tersebut sudah menjadi bacaan wajib kaum pesantren (santri) sebagai landasan dalam berfikir, bertindak, berperilaku, dan bersikap. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kitab al-Risalat al-Qusyairiyyat Fi ‘Ilmi al-Tasawwuf yang berkenaan dengan nilai-nilai Pendidikan Karakter berbasis tasawuf. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam khazanah Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan kajian pustaka (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelititian ini adalah pendekatan filosofis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Karakter berbasis tasawuf yang terdapat dalam kitab al-Risalat al-Qusyairiyyat fi ‘Ilmi al-Tasawwuf ada 38 nilai, yang dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu: (1) Nilai-nilai karakter terhadap Tuhan, yang terdiri dari: tobat, mujahadah, khalwah dan uzlah, taqwa, takut, raja, al-muraqabah, ‘ubudiyah, zikir, tauhid, ma’rifat kepada Allah, mahabbah, iradah, dan rindu. (2) Nilai-nilai karakter terhadap diri sendiri, yang terdiri dari: wara, zuhud, khusyuk dan tawaduk, menentang nafsu, qanaah, tawakkal, syukur, yakin, sabar, ridha, istiqamah, ikhlas, sidiq, malu, akhlak, tasawuf, dan diam. (3) Nilai-nilai karakter terhadap sesama manusia, yang terdiri dari: kesopanan, persahabatan, kemerdekaan, prawira, dermawan, dan murah hati, dan menjaga hati para guru. (4) Nilai-nilai karakter terhadap lingkungan, yang terdiri dari: menjaga dan memelihara kelestarian alam. Implikasi nilai-nilai Pendidikan Karakter berbasis tasawuf dalam kitab al- Risalat al-Qusyairiyyat Fi ‘Ilmi al-Tasawwuf terhadap tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada dasarnya dapat berpengaruh terhadap: (1) Berfikir kritis dengan logika, dzauq, dan pengalaman kejiwaan. (2) Memfurqankan jiwa, mengqurankan diri sebagai tradisi Pendidikan Karakter berbasis tasawuf. (3) Pendidikan Karakter yang Back to Allah SWT. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Tasawuf, dan Kitab al-Risalat al-Qusyairiyyat Fi ‘Ilmi al-Tasawwuf.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING: Prof. Dr. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Tasawuf, dan Kitab al-Risalat al-Qusyairiyyat Fi ‘Ilmi al-Tasawwuf.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 May 2015 07:58
Last Modified: 05 May 2015 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15940

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum