PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DAN KETELADANAN (Studi Atas Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta I)

FULAN PUSPITA, NIM 1320411212 (2015) PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DAN KETELADANAN (Studi Atas Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta I). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DAN KETELADANAN (Studi Atas Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta I))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DAN KETELADANAN (Studi Atas Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta I))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh pengaruh negatif dari arus globalisasi yang membuat manusia tuna karakter (berkarakter baiklemah, jelek-kuat, jelek-lemah). Hal tersebut dapat dilihat dengan masih banyaknya perilaku-perilaku negatif yang dilakukan oleh para pelajar. Berangkat dari masalah tersebut, perlu adanya pembiasaan dan keteladanan dalam membentuk karakter. Dalam hal ini, pembentukan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan berperan besar dalam mewujudkan sebuah revolusi moral dan karakter spiritual dalam dunia pendidikan dan menyodorkan kepada semua umat muslim yang beriman bagaimana seharusnya bertindak dan bersikap agar tidak terjerumus kepada perbuatan-perbuatan negatif yang sangat memprihatinkan. Dari alasan di atas, peneliti tertarik meneliti pembentukan karakter beerbasis pembiasaan dan keteladanan di MTsN Yogyakarta I karena di MTsn Yogyakarta I telah terlihat keberhasilannya dalam membentuk karakter peserta didiknya. Adapun tujuan dari penelitian ini, pertama, untuk mengetahui, menjelaskan pembentukan karakter peserta didik berbasis pembiasaan di MTsN Yogyakarta I. Kedua, untuk mengetahui dan menjelaskan pembentukan karakter peserta didik berbasis keteladaan di MTsN Yogyakarta I. Ketiga, untuk mengetahui keberhasilan dari pembentukan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan di MTsN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan mengunakan teknik anakisa data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter berbasis pembiasaan di MTsN Yogyakarta I dilakukan dengan berbagai kegiatan, yaitu: (1) Kegiatan rutin, yang terdiri dari: salam dan salim, membaca do‟a sebelum dan sesudah pembelajaran, tadarus bersama di kelas, shalat jama‟ah, menghafal al- Qur‟an (khusus kelas Tahfidz), upacara, piket kelas, dan senam. (2) Kegiatan spontan, seperti kegiatan PHBI (peringatan tahun baru Islam). (3) Pengkondisian, yang terdiri dari: kegiatan menata lingkungan fisik dan kegiatan pengkondisian non fisik. Pembentukan karakter berbasis keteladanan terbagi menjadi dua: (1) keletadanan disengaja, yang terdiri dari: keteladanan dalam melaksanakan ibadah, menjaga kebersihan, dan kedisiplinan, dan (2) keteladanan tidak disengaja, yang terdiri dari: bersikap ramah, sopan, dan santun. Keberhasilan pembentukan karakter berbasis pembiasaan dan keteladanan yang dapat melahirkan karakter, seperti: (1) meningkatkan prestasi akademik dan non akademik peserta didik, (2) meningkatkan keimanan (religius), (3) merubah sikap (akhlakul karimah), (4) meningkatkan kegemaran membaca dan (5) meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Kata kunci: Pembentukan Karakter, Pembiasaan dan Keteladanan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Pembiasaan dan Keteladanan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 May 2015 08:01
Last Modified: 05 May 2015 08:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15943

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum