PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2011-2013 (DENGAN PENDEKATAN METODE RISK BASED BANK RATING)

GURUH PANJI HARDIAN, NIM. 10390132 (2015) PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2011-2013 (DENGAN PENDEKATAN METODE RISK BASED BANK RATING). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2011-2013 (DENGAN PENDEKATAN METODE RISK BASED BANK RATING))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2011-2013 (DENGAN PENDEKATAN METODE RISK BASED BANK RATING))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kinerja keuangan merupakan gambaran tentang setiap hasil ekonomi yang mampu diraih oleh perusahaan atau perbankan pada periode tertentu melalui aktivitas-aktivitas perusahaan untuk menghasilkan keuntungan secara efektif dan efisien, yang dapat diukur perkembangannya dengan analisis terhadap data-data keuangan yang tercermin dalam laporan keuangan. Mengingat banyaknya faktor yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan perbankan maka penelitian ini akan meneliti pengaruh tingkat kesehatan bank terhadap kinerja keuangan pada Bank Umum Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh antara tingkat kesehatan bank yang diukur dengan variabel Profil Risiko, GCG, NOM, dan CAR terhadap kinerja keuangan perbankan yang diukur dengan ROA. Metode pendekatan yang dipakai adalah RBBR (Risk Based Bank Ratting), sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia 13/24/DPNP/2011. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua Bank Umum Syariah di Indonesia. Sampel yang digunakan adalah 11 BUS atau semau bank dalam populasi menjadi sampel, dan teknik pengambilan sampel digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi berganda yang didahului dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesa dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil analisis data atau hasil regresi menunjukkan bahwa secara simultan Profil Risiko, GCG, NOM, dan CAR berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA). Sedangkan secara parsial variabel yang berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA) adalah NOM, sedangkan variabel Profil Risiko, GCG, dan NOM secara parsial tidak mempengaruhi kinerja keuangan (ROA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : DIAN NURIYAH SOLISSA., SHI.M.Si M. YAZID AFANDI., S.Ag.M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Profil Risiko, GCG, NOM, CAR, ROA, RBBR
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 May 2015 08:05
Last Modified: 05 May 2015 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum