SINONIM KATA KHAMR DALAM BAHASA ARAB PADA KAMUS AL-MUNAWWIR ARAB INDONESIA (1997) (Analisis Semantik Leksikal)

IDIATUSSAUFIAH, S.HUM, NIM 10.214.693 (2015) SINONIM KATA KHAMR DALAM BAHASA ARAB PADA KAMUS AL-MUNAWWIR ARAB INDONESIA (1997) (Analisis Semantik Leksikal). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SINONIM KATA KHAMR DALAM BAHASA ARAB PADA KAMUS AL-MUNAWWIR ARAB INDONESIA (1997) (Analisis Semantik Leksikal))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SINONIM KATA KHAMR DALAM BAHASA ARAB PADA KAMUS AL-MUNAWWIR ARAB INDONESIA (1997) (Analisis Semantik Leksikal))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Sinonim (tara>duf) tidak dapat dihindari dalam sebuah bahasa yang biasanya terjadi karena karena proses serapan. Selain itu, pengenalan dengan bahasa lain membawa akibat penerimaan kata-kata baru yang sebenarnya sudah ada padanannya dalam bahasa sendiri. Selain itu, fenomena ini karena adanya perbedaan dialek antar berbagai suku, dimana ketika suatu suku menyebut satu kata untuk maksud tertentu dan suku lainnya menggunakan kata yang lain untuk pengertian yang sama. Kata-kata yang bersinonim meskipun mempunyai makna yang sama, akan tetapi ia tetap mempunyai makna khas yang membedakannya dengan yang lain meskipun hanya sedikit. Dalam bahasa Arab, masalah tara>duf ini sangat banyak ditemukan sebagaimana kata khamr yang mempunyai berbagai istilah masing-masing sesuai dengan jenis dan macam kandungan rasa dan warna yang ada di dalamnya. Selain itu, kata khamr ini mempunyai pluralitas makna yang perlu diungkap dan dipahami. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu mengidentifikasi masalah yang terdapat dalam data primer, yang dalam penelitian ini adalah Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia (1997), kemudian mengumpulkan serta memaparkan kata-kata yang berhubungan dengan sinonim kata khamr yang terdapat di dalam kamus tersebut. Selanjutnya dianalisis menggunakan medan semantik dan analisis komponen makna untuk mengetahui seberapa jauh kedekatan, kemiripan, kesamaan dan ketidaksamaan maknanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kata-kata apa saja yang bersinonim dengan kata khamr pada Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia (1997), dan untuk mengetahui medan semantik serta komponen makna dari masingmasing sinonim tersebut. Selain itu, untuk mengetahui apakah kata-kata tersebut benar-benar bersinonim secara mutlak atau hanya berdekatan makna saja. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain: ditemukan beberapa kata yang dianggap bersinonim dengan kata khamr dalam Kamus Al-Munawwir arab- Indonesia (1997). Kemudian kata khamr tersebut dianalisis menggunakan analisis paradigmatik yang menghasilkan medan semantik al-bit’u, al-jafnah, al-khafis, az-zarajun, nabiz, as-sakaru dan as-sulafu. Sedangkan menurut komponen maknanya, terdapat 28 (dua puluh delapan) komponen makna yang berbeda karena masing-masing kata yang bersinonim tersebut memiliki makna yang berbeda-beda pula yang ditinjau dari segi bahan, bentuk, proses pembuatan, rasanya dan juga dari warnanya. Selain itu, kata-kata tersebut tidak ada yang bersinonim secara mutlak karena setiap kata memiliki beberapa komponen makna pembeda antara kata yang satu dengan yang lainnya. Kata kunci : sinonim khamr, kamus al-Munawwir Arab-Indonesia, semantik leksikal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Sugeng Sugiyono, MA
Uncontrolled Keywords: sinonim khamr, kamus al-Munawwir Arab-Indonesia, semantik leksikal
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 May 2015 08:13
Last Modified: 05 May 2015 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum