PERKEMBANGAN LEMBAGA KURSUS BAHASA ARAB DI PARE KEDIRI (Kajian Historis di Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri Tahun 1996-2014)

NUR FADLY HERMAWAN, NIM 1320412143 (2015) PERKEMBANGAN LEMBAGA KURSUS BAHASA ARAB DI PARE KEDIRI (Kajian Historis di Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri Tahun 1996-2014). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN LEMBAGA KURSUS BAHASA ARAB DI PARE KEDIRI (Kajian Historis di Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri Tahun 1996-2014))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN LEMBAGA KURSUS BAHASA ARAB DI PARE KEDIRI (Kajian Historis di Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri Tahun 1996-2014))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Nur Fadly Hermawan. Perkembangan Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri (Kajian Historis Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri Tahun 1996-2014), Yogyakarta, 2015. Lembaga Kursus Bahasa Arab yang sekarang mulai berkembang adalah di Kampung Bahasa Pare Kediri. Tidak banyak orang yang tahu keberadaan lembaga kursus Bahasa Arab di Pare ini. Karena kampung bahasa Pare lebih terkenal dengan Lembaga Kursus Bahasa Inggrisnya. Bahkan sejarah mencatat bahwa istilah kampung bahasa Pare ini berkembang karena banyak sekali Lembaga Kursus Bahasa Inggris di sana. Tetapi ternyata tidak sedikit pula Lembaga Kursus Bahasa Arab yang berkembang disana. Penelitian ini merupakan penelitian yang mencoba dan berusaha untuk melihat lebih detail tentang latar belakang munculnya Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri dan perkembangan sistem Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang muculnya Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri dan juga untuk memberikan informasi mengenai perkembangan Sistem pembelajaran Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian sejarah. Berawal dari heuristik atau pengumpulan data melalui wawancara, tahap kedua yaitu kritik sumber / verifikasi, tahap ketiga intepretasi / análisis dan tahap terakhir yaitu histografi atau penulisan sejarah. Latar belakang berdirinya Lembaga Kursus Bahasa Arab Pare Kediri adalah sebagai respon dari berkembangnya Lembaga-lembaga Kursus Bahasa lain khususnya Bahasa Inggris. Sebagai penyeimbang lalu muncullah lembaga Kursus Bahasa Arab. Pada masa perkembangan Tujuan pengajaran bahasa Arab mulai mengalami perubahan. Dengan munculnya kedua Lembaga Kursus ini yang mengajarkan Bahasa Arab Aktif menjadikan Lembaga Kursus Bahasa Arab di Pare mengalami sebuah perkembangan, dimana perkembangan bahasa Arab tidak hanya diajarkan hanya untuk memperdalam agama Islam, tetapi juga sebagai alat komunikasi. Hal ini disebabkan karena semakin berkembangnya penggunaan Bahasa Arab. Apalagi di tingkat internasional Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang dipakai di tingkat dunia. Bahkan bahasa Arab menjadi Bahasa Internasional kedua setelah Bahasa Inggris. Adapun materi-materi yang diajarkan juga mengalami perubahan seiring dengan perubahan tujuan pengajaran. Pada masa Persaingan munculah satu lembaga besar yaitu Lembaga Kursus Bahasa Arab Al-Azhar. Dengan adanya system berbeda dengan menggabungkan metode klasik dan modern menjadikan lembaga ini menjadi pesaing dari lembaga-lembaga sebelumnya. Bahkan para pengajarnya pun juga merupakan lulusan Sarjana Pendidikan Bahasa Arab. Media yang dipergunakan pun juga sudah menyentuk media elektronik. Para peserta didik juga tidak kalah banyak dengan lembaga-lembaga sebelumnya Kata Kunci : Lembaga Kursus Bahasa Arab, Sistem Pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Munif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Lembaga Kursus Bahasa Arab, Sistem Pembelajaran
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 May 2015 11:38
Last Modified: 06 May 2015 11:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15992

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum