PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

NUR KHOLIS, S.Pd.I, NIM 1220411173 (2015) PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman, mulai dari bahasa, budaya, suku dan juga agama. Adanya kemajemukan ini, menunjukan bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang mampu mengerti dan memahami serta menghargai akan perbedaan baik dari bahasa, suku, budaya dan juga agama. Dalam kehidupan sosial bermasyarakat, hidup berdampingan dengan penuh perbedaan tidak menutup kemungkinan akan terjadi gesekan atau konflik sosial. Hal ini terbukti dengan terjadinya beberapa konflik di Indonesia yang melibatkan permasalahan antar golongan, Dilihat dari segi pendidikan, peningkatan kualitas kerukunan umat beragama tersebut hanya dapat diwujudkan apabila seluruh elemen bangsa telah mampu menanamkan nilai toleransi pada diri mereka masing-masing. Dari permasalahan inilah penulis mencoba menganalisis pemikiran Abdurrahman Wahid tentang toleransi antar umat beragama yang kemudian mencoba menganalisis dan membuat konsep implementasi dalam pendidikan agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji konsep toleransi Abdurrahman Wahid dan implementasinya dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan kajian pustaka (library research), maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi yaitu membaca dan menganalisis dari data primer yaitu karya-karya Abdurrahman Wahid dan data sekunder yang berkaitan dengan tema penelitian dengan menggunakan pendekatann deskriptif analitis, yaitu mendeskripsikan gagasna manusia dengan menganalisis yang bersifat kritis. Selanjutnya peneliti menggunakan metode deskriptif yaitu pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat, kemudian menganalisis isi (content analisis) data primer dan data sekunder untuk menarik kesimpulan. Selanjutnya metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Abdurrahman Wahid mengarah pada konsep toleransi dalam kehidupan manusia. Sikap toleransi menurut Abdurrahman Wahid yaitu saling memahami antar satu sama lain. Implementasi dari pemikiran Abdurrahman Wahid tentang toleransi dalam Pendidikan Agama Islam yaitu: Pertama, pendidikan Islam haruslah beragam, hal ini merupakan salah satu dari percikan pemikiran yang pernah dilontarkan oleh gusdur. Pemikiran ini dilandasi kondisi sosial masyarakat Indonesia yang majemuk. Kedua, Kurikulum harus mampu menciptakan proses pembelajaran yang mampu merangsang nalar kritis, kreatif dan objektif peserta didik. Ketiga, pendidikan Islam haruslah tetap bersandar pada nilai-nilai tradisi yang melekat pada masyarakat, akan tetapi tidak mengesampingkan perkembangan Ilmu dunia modern. Peneliti berharap, penelitian ini dapat dijadikan wawasan pemikiran, acuan, dan rujukan tentang implementasi toleransi antar umat beragama dalam pendidikan agama Islam dan dapat menjadi kontribusi bagi diri sendiri, orang tua, pendidikan dan lembaga pendidikan. Kata kunci: Abdurrahman Wahid, Toleransi antar umat beragama

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Abdurrahman Wahid, Toleransi antar umat beragama
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 May 2015 13:12
Last Modified: 06 May 2015 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum