NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU TEKS KEMUHAMMADIYAHAN SMAMASMK KELAS X,XI,XII TERBITAN MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH PIMPINAN WILAYAH

ROHANA FITRIA, NIM 1220411229 (2015) NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU TEKS KEMUHAMMADIYAHAN SMAMASMK KELAS X,XI,XII TERBITAN MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH PIMPINAN WILAYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU TEKS KEMUHAMMADIYAHAN SMAMASMK KELAS X,XI,XII TERBITAN MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH PIMPINAN WILAYAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUKU TEKS KEMUHAMMADIYAHAN SMAMASMK KELAS X,XI,XII TERBITAN MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH PIMPINAN WILAYAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari Berbagai macam peristiwa yang merendahkan harkat dan martabat manusia berkembang di masyarakat bahkan dalam duia pendidikan. Hingga usianya lebih dari satu abad (seratus tahun), Muhammadiyah tetap yakin bahwa pendidikan merupakan salah satu bidang yang cukup strategis. Disadari bahwa pendidikan kepribadian merupakan inti dari pendidikan Muhammadiyah. Buku teks Kemuhammadiyahan yang diajarkan pada sekolah-sekolah Muhammadiyah merupakan identitas bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah. Di mana pendidikan Kemuhammadiyahan merupakan mata pelajaran pokok yang diajarkan pada semua lembaga pendidikan Muhammadiyah. Buku teks Kemuhammadiyahan yang di dalamnya terdapat pemahaman dasar-dasar gerakan dan ideologi Muhammadiyah, yang tentu mengandung nilai-nilai karakter. Untuk itulah fokus penelitian ini untuk mengkaji nilai-nilai karakter dalam buku teks Kemuhammadiyahan SMA/MA/SMK Kelas X, XI, XII. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan rasionalistik. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan tehnik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah content analisys yang dilakukan dengan cara menganalisis buku teks Kemuhammadiyahan SMA/MA/SMK Kelas X, XI, XII Terbitan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta dan mengumpulkan data dari sumber lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku teks Kemuhammadiyahan SMA/MA/SMK kelas X,XI,XII adalah religius; jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komuniktif; cinta damai; gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung-jawab. Kedua, metode pendidikan karakter yang terdapat dalam buku teks Kemuhammadiyahan SMA/MA/SMK kelas X,XI,XII adalah: metode keteladanan, metode kisah atau cerita, metode kedisiplinan, metode pembiasaan, metode mau’izhah hasanah atau nasehat baik. Adapun kelebihan dari buku teks Kemuhamamdiyahan SMA/MA/SMK kelas X,XI,XII ada pada komponen buku yaitu terdapat kisah teladan yang sangat inspiratif dan merupakan kisah nyata. Kekurangannya ada pada konten isi yaitu masih ada beberapa bahasan materi yang disajikan sangat teoritis dan kurang ilustrasi, masih dijumpai beberapa bahasan yang tidak/ kurang melibatkan peserta didik untuk aktif, masih dijumpai format buku yang kurang menarik. Kata Kunci: Nilai Karakter, Buku Teks Kemuhammadiyahan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Buku Teks Kemuhammadiyahan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 May 2015 08:11
Last Modified: 07 May 2015 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16009

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum