REAKSI PASAR DAN PENINGKATAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN PERUBAHAN FRAKSI HARGA SAHAM (Perbandingan Perusahaan LQ-45 dengan Perusahaan JII)

SARI UTAMI, NIM 1320311098 (2015) REAKSI PASAR DAN PENINGKATAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN PERUBAHAN FRAKSI HARGA SAHAM (Perbandingan Perusahaan LQ-45 dengan Perusahaan JII). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (REAKSI PASAR DAN PENINGKATAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN PERUBAHAN FRAKSI HARGA SAHAM (Perbandingan Perusahaan LQ-45 dengan Perusahaan JII))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (REAKSI PASAR DAN PENINGKATAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN PERUBAHAN FRAKSI HARGA SAHAM (Perbandingan Perusahaan LQ-45 dengan Perusahaan JII))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Untuk meningkatkan pasar modal agar lebih bergairah lagi serta mempertimbangkan risiko investasi yang cukup besar bagi investor, PT Bursa Efek Indonesia mengambil kebijakan dengan mengubah fraksi harga yang dituangkan dalam Surat Keputusan PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep-00071/BEI/11-2013 telah ditetapkan perubahan/penambahan peraturan Nomor II-A tentang perdagangan efek (khususnya terkait dengan perubahan fraksi harga), mengenai perubahan atas satuan harga (fraksi) dalam melakukan tawar menawar efek. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji, menganalisis dan menjelaskan bukti empiris reaksi pasar yang diukur menggunakan rata-rata cumulative abnormal return (CAR) diseputar pengumuman dan peningkatkan likuiditas saham yang diukur menggunakan average trading volume activity (ATVA) diseputar pelaksanaan diberlakukannya perubahan fraksi harga saham dengan melakukan perbandingan pada perusahaan yang kelompok sahamnya terdaftar di LQ-45 dan Jakarta Islamic Index (JII). Sampel dalam penelitian ini merupakan perusahaan yang listing sahamnya terdapat pada perusahaan LQ-45 dan perusahaan JII, Penentuan sampel yang akan dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan periode 15 hari diseputar pengumuman perubahan fraksi harga dan periode 15 hari diseputar pelaksanaan diberlakukannya perubahan fraksi harga saham dengan menggunakan uji beda Independent Sample T-Test. Hasil pengujian rata-rata CAR dan pengujian ATVA dengan membandigkan perusahaan LQ-45 dengan perusahaan JII tidak ada perbedaan antara kedua perusahaan dengan asumsi karena 30 perusahaan JII sama dengan 30 perusahaan LQ-45.Hasil rata-rata CAR dari group statistik diseputar pengumuman pasar bereaksi negatif karena terjadi confounding effect pada saat pengumuman IHSG diguncang isu defisit dan suku bunga yang memberi tekanan jual cukup tinggi ke pasar saham, meskipun pasar bereaksi negatif rata-rata perusahaan JII lebih besar dibandingkan perusahaan LQ-45. Begitupula ATVA dari group statistik rata-rata perusahaan JII lebih besar dibandingkan dengan rata-rata perusahaan LQ-45diseputar pelaksanaan perubahan fraksi harga saham. Kata Kunci : Fraksi, Harga, Perubahan, Perusahaan JII, Perusahaan LQ-45, CAR, ATVA, dan Saham.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Mamduh Mahmadah Hanafi, S.E., MBA
Uncontrolled Keywords: Fraksi, Harga, Perubahan, Perusahaan JII, Perusahaan LQ-45, CAR, ATVA, dan Saham.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 May 2015 08:20
Last Modified: 07 May 2015 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16011

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum