IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA

SRI PURWANINGSIH ROMADHON, NIM 1320410005 (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD IT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ketertarikan penulis melihat pembelajaran tahfidz yang dilaksanakan pada anak berkebutuhan khusus. Setelah menelaah berbagai keutamaan dan manfaat baik keutamaan di dunia maupun akhirat, diketahui bahwa banyak sekali keutamaan bila tahfidz dijadikan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Saat ini jumlah anak berkebutuhan khusus terus meningkat dan perlu keseriusan pemerintah untuk menanggulanginya. Bukan hanya pemerintah yang harus turun tangan namun pendidikan, terutama pendidikan Islam disini bisa memberi kontribusi berupa rekomendasi pembelajaran tahfidz. Dengan tahfidz, tantrum anak berkurang dan anak cenderung bisa diarahkan. Ini membantu guru dan orang tua untuk memberi stimulus atau pelajaran berikutnya ketika kondisi anak semakin tenang maka ia mudah diarahkan. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai bagaimana Implementasi pembelajaran tahfidz dengan pendekatan humanistik pada anak berkebutuhan khusus di SD IT Hidayatullah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik dalam penentuan subyek penelitian yang penulis guanakan adalah teknik sampling bertujuan (purposive sampling), Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran tahfidz, pendekatan humanistik dan anak berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: guru bagi anak berkebutuhan khusus harus membuat perencanaan yang matang dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hal itu dikaitkan dengan kebutuhan yang ada dalam diri anak serta serta kepribadiannya. Pendekatan humanistik dari guru tampak dalam sikap guru menghadapi siswa dengan melihat karakter tiap siswa. Adapun keberhasilan dari Implementasi pembelajaran tahfidz dengan pendekatan humanistik yaitu: Perbaikan akhlak dan perilaku siswa, siswa mempu mencapai target hafalan dengan baik sesuai kemampuannya, sosialisasi antar teman/lintas kelas yang semakin baik, kepercayaan diri siswa yang tinggi serta terjauh dari rasa minder, Kerinduan bersekolah, dan suasana kelas yang kondusif untuk pembelajaran. Selain itu, ditemukan beberapa pendukung seperti visi-misi kepala sekolah yang selaras dengan visi misi sekolah, adanya tim khusus yaitu Tim Al Qur’an yang fokus menangani tahfidz, guru kelas Amanah yang humanis dan kompeten, dukungan sekolah dalam peningkatan kualitas guru, mengawali setiap jam pelajaran dengan murojaah. Penghambatnya yaitu Sekolah belum memiliki konsep pendidikan humanistik dalam bentuk tertulis, fasilitas sekolah yang belum seluruhnya memadai serta pembelajaran yang masih tradisonal dalam artian belum menggunakan IT atau media elektronik terutama dalam pembelajaran tahfidz. Kata kunci: Tahfidz, Humanistik, Anak Berkebutuhan Khusus

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Tahfidz, Humanistik, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 May 2015 08:29
Last Modified: 07 May 2015 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16015

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum