PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK RELIGI TERHADAP KEYAKINAN DIRI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

SITI FADHILATUL KHUSNAH, NIM. 10540086 (2015) PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK RELIGI TERHADAP KEYAKINAN DIRI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK RELIGI TERHADAP KEYAKINAN DIRI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
10540086_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MENDENGARKAN MUSIK RELIGI TERHADAP KEYAKINAN DIRI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
10540086_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (998kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh mendengarkan musik religi terhadap keyakinan diri mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Peneliti menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, memperoleh datanya dengan menggunakan angket yang diberikan kepada responden yang sudah ditentukan populasi dan jumlah sampel yaitu sebesar 229 mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Selain dengan angket peneliti juga menggunakan metode wawancara. Sampel ditentukan dengan teknik sampling insidental, yaitu menentukan sampel dengan cara siapa yang ditemui oleh peneliti yang dianggap sesuai itulah yang menjadi sampel. Sedangkan wawancara merupakan metode yang digunakan untuk melengkapi dan memperkuat hasil dari kuesioner, dengan mengambil 10 responden yakni mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam memperoleh hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana yang dibantu dengan SPSS. Regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Sedangkan daari segi teoritik, peneliti menggunakan teori dari Herbert Mead yaitu Interaksionisme simbolik. Dalam penelitian ini, interaksi simbolik yang dimaksud adalah antara lirik dan syair lagu religi merupakan suatu simbol dari manusia yang digunakan sebagai media dakwah bahkan untuk memuji kebesaran Allah SWT. Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara mendengarkan musik religi dengan keyakinan diri mahasiswa. Pengaruh tersebut meliputi adanya sikap yang semakin tekun terhadap ajaran Agama dan tenang dalam meng hadapi masalah yang menimpanya. Dalam musik religi terdapat adanya nilai yang dapat mempengaruhi keyakinan diri mahasiswa. Nilai tersebut adalah nilai kerohanian yang mencakup nilai kebaikan yakni dimana mahasiswa menjadi sadar jikalau tidak boleh sombong serta lebih bersyukur. Nilai keindahan meliputi syair dan lirik lagu religi yang bisa menjadi media hiburan bagi mahasiswa. Nilai kebenaran yakni nilai yeng mencakup mengenai sikap mahasiswa yang menjadi ingat akan dosa-dosa mereka ketika mendengarkan musik religi dan nialai keyakinan meliputi keyakinan dari mahasiswa akan kebesaran Tuhan setelah mendengarkan musik religi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: RR. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag, M.Pd.,MA.
Uncontrolled Keywords: pengaruh musik religi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 May 2015 14:05
Last Modified: 07 May 2015 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum