KONSEP TANGGUNGJAWAB MANUSIA DAN PROSES PEMBENTUKANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN SEYYED HOSSEIN NASR)

ERI ALVAN ARDIANSYAH, NIM. 09410228 (2015) KONSEP TANGGUNGJAWAB MANUSIA DAN PROSES PEMBENTUKANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN SEYYED HOSSEIN NASR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP TANGGUNGJAWAB MANUSIA DAN PROSES PEMBENTUKANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN SEYYED HOSSEIN NASR))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (KONSEP TANGGUNGJAWAB MANUSIA DAN PROSES PEMBENTUKANNYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN SEYYED HOSSEIN NASR))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa keberlangsungan dan kesinambungan kehidupan makhluk dan semua yang berada di atas bumi adalah suatu kewajiban manusia dan Tanggungjawab seorang manusia atas dasar mnusia sebagai wakil Allah (khalifah) untuk memakmurkan bumi. Akan tetapi pada kenyataannya manusia banyak yang lalai atau bahkan banyak yang tidak menghiraukannya sehingga diperlukan adanya pemahaman untuk membentuk lagi generasi manusia yang bertanggungjawab, salah satunya yaitu dengan adanya pendidikan agama islam, yang mana pada pokok bahasannya mengacu pada pemikiran Seyyed Hossein Nasr tentang tanggungjawab manusia. Penelitian ini merupakan penelitian keputakaan (library research), dengan mengambil pemikiran Seyyed Hossein Nasr. Pengumpulan data dengan mencari buku-buku karya beliu serta artikel-artikel yang berkaitan dengan tema tanggungjawab manusia. Analisis data menggunakan metode deskriptifilosofis dan psikologis, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Tanggungjawab manusia menurut Nasr digolongkan menjadi empat macam, meliputi: (1) tanggungjawab manusia kepada Tuhan. (2) tanggungjawab manusia terhadap diri sendiri. (3) tanggungjawab manusia kepada masyarakat. (4) tanggungjawab manusia terhadap lingkungan. Untuk membentuk manusia bertanggungjawab dalam proses pembelajaran diperlukan beberapa hal diantaranya: (1) kurikulum (2) metode pembelajaran (3) pendidik, peserta didik dan proses pembelajarannya (4) evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, SS., M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Konsep Tanggungjawab Manusia, Pemikiran Seyyed Hossein Nasr
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 May 2015 15:51
Last Modified: 11 May 2015 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum