UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA

PURWANTO, NIM. 10410047 (2015) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTs WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)

Abstract

PURWANTO. “Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Visual Pada Pembelajaran Fiqih di MTs Wahid Hasyim Yogyakarta”. Skripsi. : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Di MTs Wahid Hasyim nilai rata-rata pada mata pelajaran fiqih masih belum memenuhi standar kelulusan, ini disebabkan karena banyaknya siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru, dan minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar, salah satunya media visual berbasis IT. Peran media visual sangat penting, karena dengan menggunakan media visual akan dapat mempengaruhi minat belajar siswa Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan mengambil latar di MTs Wahid Hasyim. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, angket dan dokumentasi. Pada penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) siklus, setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan oleh peneliti pada setiap siklusnya mengalami peningkatan, Adapun rinciannya sebagai berikut: Indikator perasaan senang pada siklus I memperoleh 81%, pada siklus II memperoleh 81,17 dan pada siklus III memperoleh 82%. Indikator rasa ingin tahu pada siklus I memperoleh 73,33%, pada siklus II memperoleh 77,17%, dan pada siklus III memperoleh 80%. Indikator rasa tertarik pada siklus I memperoleh 77,%, pada siklus II memperoleh 77,17%, dan pada siklus III memperoleh 78%. Indikator mempelajari materi pada siklus I memperoleh 76%, pada siklus II memperoleh 77,33%, dan pada siklus III memperoleh 82%. Indikator keaktifan pada siklus I memperoleh 77%, pada siklus II juga 77.83%, dan pada siklus III memperoleh 80% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 May 2015 08:07
Last Modified: 12 May 2015 08:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16053

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum