PENGEMBANGAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA SISWA DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

SODIMAH, NIM. 11410011 (2015) PENGEMBANGAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA SISWA DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA SISWA DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KOMPETENSI LEADERSHIP GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA SISWA DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah seorang guru yang menjadi tokoh teladan harus memiliki perilaku dan kemampuan yag memadai untuk membina, mengembangkan akhlak siswa sehingga harus mempunyai empat kompetensi, tapi empat kompetensi tersebut masih kurang sempurna, masih banyak guru PAIyang belum bisa membina akhlak mulia, bekerjasama dengan warga masyarakat dan mengorganisasi seluruh potensi sekolah yang ada dalam mewujudkan budaya Islam, sehingga Menteri Agama mengeluarkan satu kompetensi yaitu leadership guru yang sangat menunjang buat keberhasilan guru PAI dalam pembinaan akhlak mulia siswa, hal tersebut telah diterapkan di SMP Negeri 9 Yogyakarta yang menanamkan pengembangan kompetensi leadership guru PAI oleh karena itu tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan menganalisis langkah-langkah guru PAI serta mengetahuifaktor-faktor terkait dengan pengembangan kompetensi leadership guru PAI dalam pembinaan akhlak mulia siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini dipilih karena mempelajari segala tindakan dan pandangan hidup manusia yang menginternalisasikan ajaran agama dalam dirinya. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan kompetensi leadership guru PAI dalam pembinaan akhlak mulia siswa di SMP Negeri 9 Yogyakarta dilakukan dengan cara: Adanya inisiatif guru bekerjasama dan menciptakan buku kendali yang digunakan untuk memantau perkembangan siswa di sekolah maupun di luar sekolah 2) Terdapat program-program sekolah yang mendukung guru PAI dalam mengembnagkan kompetensi leadership dalam pembinaan akhlak mulia siswa 3) Guru PAI di SMP Negeri 9 Yogyakarta sudah berhasil dengan kualitas yang baik dalam mengembangkan kompetensi leadership guru PAI, mampu membina akhlak mulia, merencanakan, menciptakan, mengorganisasikan dan program-program sekolah dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suwadi, M. Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Leadership, Pembinaan Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 May 2015 13:21
Last Modified: 12 May 2015 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16062

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum