HUKUM DAN KEDUDUKAN WANITA KARIR DALAM TAFSIR AL-QUR’AN KEMENTERIAN AGAMA RI TAHUN 2012 DAN IMPLIKASINYATERHADAP MATERI DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

ATIKA DWI ROCHAYATI, NIM. 11410113 (2015) HUKUM DAN KEDUDUKAN WANITA KARIR DALAM TAFSIR AL-QUR’AN KEMENTERIAN AGAMA RI TAHUN 2012 DAN IMPLIKASINYATERHADAP MATERI DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUKUM DAN KEDUDUKAN WANITA KARIR DALAM TAFSIR AL-QUR’AN KEMENTERIAN AGAMA RI TAHUN 2012 DAN IMPLIKASINYATERHADAP MATERI DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUKUM DAN KEDUDUKAN WANITA KARIR DALAM TAFSIR AL-QUR’AN KEMENTERIAN AGAMA RI TAHUN 2012 DAN IMPLIKASINYATERHADAP MATERI DAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (817kB)

Abstract

Fokus dari penelitian Pendidikan Wanita Karir dalam Tafsir Al-Qur’an Kementrian Agama RI tahun 2012 dan Implikasinya terhadap Materi dan Metode Pendidikan Agama Islam ini untuk mengetahui dan menyusun suatu implikasi materi hukum syar‟i wanita karir kedalam konteks pendidikan Agama Islam. Perspektif hukum syar‟i yang berkenaan dengan wanita karir dianalisis sedemikian rupa dalam kerangka tujuan, materi dan metode dalam pendidikan Agama Islam. Hal yang melatar belakangi penelitian adalah maraknya emansipasi wanita dan adanya gender menjadikan wanita maju di depan dan menciptakan karya untuk membangun masyarakat. Akan tetapi, banyak wanita yang terlalu maju menjadi wanita karir yang sukses tetapi mengabaikan tanggung jawabnya. Dalam hukum syar‟i diperbolehkan wanita untuk bekerja di luar rumah dengan syarat, ibu yang sekaligus menjadi wanita karir harus mampu membagi waktu dan tenaga untuk mendidik anak-anak mereka melaksanakan tanggung jawabnya. Berangkat dari permasalahan di atas, maka peneliti lebih tertarik untuk mendalami permasalahan tersebut, sebagaimana telah disebutkan dalam rumusan masalah yakni bagaimana hukum syar‟i wanita karir dalam Tafsir Kemenag RI? Bagaimana komponen pengajaran Wanita Karir dalam Tafsir Kemenag RI implikasinya dalam Pendidikan Agama RI? Penelitian ini menggunakan metode diskriptif-analitik, dengan menganalisis Tafsir Kemenag tentang hukum syar‟i wanita karir dan mencari ayat-ayat yang berkaitan, kemudian dilihat dengan berbagai referensi. Selanjutnya menganalisis hukum syar‟i wanita karir kedalam suatu komponen pengajaran yaitu tujuan, materi dan metode Pendidikan Agama Islam. Hasil peneliti menyimpulkan : Pertama, hukum syar‟i wanita karir dalam Tafsir Kemenag 2012 meliputi kedudukan wanita sebelum dan setelah datangnya Islam, tanggung jawab wanita, peranan wanita dibidang sosial serta preskripsi edukatifnya. Kedua, komponen pengajaran hukum syar‟i wanita karir dalam Tafsir Kemenag 2012 dan implikasinya terhadap materi dan metode yang meliputi tujuan, materi, metode dan implikasinya terhadap hukum syar‟i wanita karir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: wanita karir, tafsir al-qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 May 2015 10:15
Last Modified: 15 May 2015 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16069

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum