IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PRIBADI MUSLIM SISWA DI SMK MA’ARIF 1 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA

TITIN WAYANAH, NIM. 11410119 (2015) IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PRIBADI MUSLIM SISWA DI SMK MA’ARIF 1 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PRIBADI MUSLIM SISWA DI SMK MA’ARIF 1 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PRIBADI MUSLIM SISWA DI SMK MA’ARIF 1 WATES KULON PROGO YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa selama ini peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan pribadi muslim siswa di sekolah masih kurang. Guru PAI kurang mengimplementasikan kompetensi kepemimpinan di sekolah, sehingga menyebabkan banyak siswa yang masih memiliki perilaku yang kurang baik. SMK Ma’arif 1 wates merupakan sekolahan swasta terbesar yang ada di kulon Progo, yang memiliki motto unggul dalam kompetensi dan mantab dalam iman dan taqwa. Rumusan masalah yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk implementasi kompetensi kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk pribadi muslim siswa di SMK Ma’arif 1 Wates serta apa saja faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam mengimplementasikan kompetensi kepemimpinan dalam membentuk pribadi muslim siswa di SMK Ma’arif 1 Wates Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Ma’arif 1 Wates Kulon Progo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi 4 indikator kompetensi kepemimpinan guru PAI di SMK Ma’arif 1 Wates terlihat dalam kegiatan pembentukan pribadi muslim siswa yakni dalam kegiatan Qira’ati, sholat dzuhur berjamaah, pembacaan Asma’ul Husna, hadroh,infaq, mujahaddah, takziah, pesantren Ramadhan, dan pembekalan purna siswa, meliputi kemampuan membuat perencanaan pembudayaan pengamalan ajaran agama dan perilaku akhlak mulia pada komunitas sekolah sebagai bagian dari proses pembelajaran agama, kemampuan mengorganisasikan potensi unsur sekolah secara sistematis untuk mendukung pembudayaan pengamalan ajaran agama pada komunitas sekolah, kemampuan menjadi inovator, motivator, fasilitator, pembimbing dankonselor dalam pembudayaan pengamalan ajaran agama pada komunitas sekolah, serta kemampuan menjaga, mengendalikan, dan mengarahkan pembudayaan pengamalan ajaran agama pada komunitas sekolah dan menjaga keharmonisan hubungan antar pemeluk agama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. (2) Dalam proses pengimplementasian kompetensi kepemimpinan guru PAI di SMK Ma’arif 1 Wates menemui berbagai faktor . Faktor- faktor itu meliputi faktor pendukung yakni SDM, dan prinsip dan tujuan serta faktor penghambat yakni sarana prasarana yang dimiliki serta kedisiplinan guru. Kata Kunci: Kompetensi kepemimpinan, guru PAI, kepribadian muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik.M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Kompetensi kepemimpinan, guru PAI, kepribadian muslim.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 May 2015 15:16
Last Modified: 15 May 2015 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16070

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum