PENGEMBANGAN RUBRIK NURANI KEROHANIAN ISLAM PADA MAJALAH PROGRESIF DALAM MEMBENTUK KEAGAMAAN SISWA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA

ZUMROTUN NAFISAH, NIM. 11410149 (2015) PENGEMBANGAN RUBRIK NURANI KEROHANIAN ISLAM PADA MAJALAH PROGRESIF DALAM MEMBENTUK KEAGAMAAN SISWA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN RUBRIK NURANI KEROHANIAN ISLAM PADA MAJALAH PROGRESIF DALAM MEMBENTUK KEAGAMAAN SISWA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN RUBRIK NURANI KEROHANIAN ISLAM PADA MAJALAH PROGRESIF DALAM MEMBENTUK KEAGAMAAN SISWA SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pemikiran, bahwa di SMA Negeri 3 Yogyakarta memiliki media pembelajaran berupa rubrik nurani kerohanian Islam dalam majalah sekolah bernama progresif, yang dikelola mandiri oleh siswa. Hal ini menarik dalam pembelajaran untuk melatih siswa mengemukakan pengetahuan agamanya, yang di arahkan pada upaya membentuk keberagamaan siswa secara umum. Penelitian ini dilakukan menggunakan subjek dan objek penelitian kualitatif, mengambil latar SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Analisis data kualitatif dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itu lah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi dengan dua modus, yaitu trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tujuan adanya rubrik nurani kerohanian Islam yaitu untuk membentengi tingkah laku siswa agar tetap pada akidah, syariat dan adab Islam. Untuk memenuhi tujuan tersebut maka proses penyusunan rubrik dimulai dari membaca buku sebagai referensi, merefleksi kegiatan organisasi kerohanian Islam dan juga observasi terhadap lingkungan sekitar sekolah. Rubrik dimanfaatkan sebagai penyalur informasi pendidikan agama Islam yang bersifat umum tetapi mendasar. Artinya, nilai-nilai kehidupan yang dekat dengan siswa mencair dengan pengetahuan-pengetahuan agamanya. Kehidupan sehari-hari siswa bisa diorientasikan pada muatan yang ada dalam rubrik. 2) Pengaruh adanya rubrik tersebut terhadap ibadah mahdhah siswa yaitu terjadi peningkatan dalam melaksanakan shalat wajib, secara rutin mengerjakan shalat dhuha, shalat tahajud, puasa sunnah dan membaca al-Quran setelah menghayati setiap tema yang termuat dalam rubrik. Kemudian ibadah ghairu mahdhah siswa yaitu memiliki kesungguhan belajar karena Allah swt, tolong menolong, melakukan yang terbaik seperti memperbaiki niat untuk mencapai ridha Allah swt. Siswa juga memiliki kesadaran-kesadaran akan tercelanya berbuat sombong, berusaha mengendalikan diri, memahami orang lain, mampu menyikapi kegagalan serta optimis. Hal ini merupakan bentuk kesalihan sosial yang dimiliki siswa. Hal-hal tersebut diperoleh terlebih karena termotivasi dengan muatan rubrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Rubrik Nurani, Majalah Progresif
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 May 2015 15:28
Last Modified: 15 May 2015 15:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16071

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum