PANDANGAN MASYARAKAT PETANI NIRA TERHADAP PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PETANI DI DESA KALIPOH KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN)

NGABDUL FAIK, NIM. 11410186 (2015) PANDANGAN MASYARAKAT PETANI NIRA TERHADAP PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PETANI DI DESA KALIPOH KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN MASYARAKAT PETANI NIRA TERHADAP PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PETANI DI DESA KALIPOH KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN MASYARAKAT PETANI NIRA TERHADAP PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PETANI DI DESA KALIPOH KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya pandangan atau persepsi masyarakat terhadap Guru PAI yang kurang sesuai dengan definisi guru pada umumnya menurut peraturan yang berlaku. Masyarakat petani di desa Kalipoh Kec. Ayah Kab. Kebumen menganggap bahwa sebagai guru bahkan guru PAI haruslah bisa berperan dalam segala hal bukan hanya di Sekolah. Mereka menganggap Guru PAI adalah sebagai tokoh masyarakat sehingga mereka memposisikan lebih terhormat terhadap Guru tersebut. Banyak harapan dan tumpuan masyarakat tertuju pada sosok seorang guru tersebut. Hal ini tentulah tidak bisa dilakukan oleh semua Guru karena tidak setiap Guru bisa berperan sebagaimana yang masyarakat inginkan. Sehingga akan menjadi problem tersendiri bagi guru tersebut dalam berperan pada masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pandangan masyarakat petani nira di desa Kalipoh Kec. Ayah Kab. Kebumen terhadap peran Guru PAI dan faktor-faktor yang mempengarui terhadap pandangan tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) karena mengambil data dari lapangan yaitu desa Kalipoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dimana dalam mendapatkan data peneliti mendasarkan pada fenomena-fenomena yang ada di desa Kalipoh. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pandangan masyarakat petani nira di desa Kalipoh secara umum terhadap peran guru PAI sudah cukup baik. Secara khusus warga masyarakat desa Kalipoh memandang guru PAI adalah: (a) Sebagai tokoh masyarakat; (b) Berwawasan ilmu agama Islam yang luas; (c) Adanya kesamaan antara guru PAI dengan Ustadz atau Kiyai; (d) Mempunyai akhlak yang baik; (e) Mampu bergaul dengan baik dalam kegiatan sosial kemasyarakatan; dan (f) Sangat mendukung dalam mengayomi masyarakatnya. Pandangan lain terhadap guru PAI adalah: (a) Dalam pengamalan peribadatan belum bisa mengamalkan dengan baik; (b) Dalam hal keteladanan belum bisa memberikan suri tauladan dengan baik; dan (c) Dalam bersosialisasi dengan masyarakat belum bisa menjalin hubungan yang baik. 2). Faktor-faktor yang mempengaruhi pandangan masyarakat petani desa Kalipoh terhadap peran guru PAI dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu faktor eksternal dan faktor internal. (a) Faktor Eksternal antara lain: (1) Derajat keilmuan atau kedudukan di masyarakat; (2) Peran di masyarakat; (3) Latar belakang pendidikan; (4) Kondisi lingkungan setempat. (b) Faktor Internal antara lain: (1) SDM masyarakat; (2) Perhatian yang selektif; (3) Keterlibatan individu; (4) Pengalaman terdahulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Pandangan, Masyarakat Petani.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 May 2015 11:40
Last Modified: 18 May 2015 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16075

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum