STUDI KOMPARASI AKHLAK TERHADAP SESAMA MANUSIA ANTARA SISWA FULLDAY SCHOOL DENGAN SISWA BOARDING SCHOOL DI KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

MIFTAKHUL JANNAH, NIM. 11410202 (2015) STUDI KOMPARASI AKHLAK TERHADAP SESAMA MANUSIA ANTARA SISWA FULLDAY SCHOOL DENGAN SISWA BOARDING SCHOOL DI KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI AKHLAK TERHADAP SESAMA MANUSIA ANTARA SISWA FULLDAY SCHOOL DENGAN SISWA BOARDING SCHOOL DI KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI AKHLAK TERHADAP SESAMA MANUSIA ANTARA SISWA FULLDAY SCHOOL DENGAN SISWA BOARDING SCHOOL DI KELAS XI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)

Abstract

MIFTAKHUL JANNAH, Studi Komparasi Akhlak terhadap Sesama Manusia antara Siswa Fullday School dengan Siswa Boarding School di Kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2015. Latar belakang masalah penelitian ini terdapat kesenjangan antara harapan dan kenyataan mengenai akhlak terhadap sesama manusia antara siswa Fullday dan Boarding di kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana akhlak siswa terhadap sesama manusia program Fullday School, Bagaimana akhlak siswa terhadap sesama manusia program Boarding School, dan apakah terdapat perbedaan akhlak terhadap sesama manusia antara siswa Fullday School dengan siswa Boarding School di kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan akhlak terhadap sesama manusia antara siswa Fullday School dengan siswa Boarding School di kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling probability yaitu random sampling, sehingga subyek penelitian berkesempatan menjadi sampel. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 53 butir angket terbukti valid semua, sedangkan hasil anilisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,952 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis komparasional dalam penelitian ini menggunkan teknik uji perbedaan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Akhlak siswa terhadap sesama manusia program Fullday School sebagian besar di kategori cukup baik dengan nilai mean yaitu 166,87. Hal ini dapat diketahui melalui frekuensi relatif, kategori sangat baik dengan prosentase 6%, kategori baik 26%, kategori cukup baik 39%, kategori kurang baik 23%, dan kategori sangat kurang baik 6%. 2) Akhlak siswa terhadap sesama manusia program Boarding School sebagian besar di kategori cukup baik dengan nilai mean yaitu 161,64. Hal ini dapat diketahui melalui frekuensi relatif, kategori sangat baik dengan presentase 13%, kategori baik 12%, kategori cukup baik 49%, kategori kurang baik 21%, dan kategori sangat kurang baik 5%. 3) Setelah melakukan uji hipotesis di hasilkan indeks perbedaan (t) sebesar - 1.333 dengan taraf signifikan 0.186, karena taraf signifikan 0,186 > 0,05 maka hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan akhlak terhadap sesama manusia antara siswa Fullday School dengan siswa Boarding School. Dapat disimpulkan bahwa Ho di terima dan Ha di tolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 May 2015 11:30
Last Modified: 18 May 2015 11:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16076

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum