HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KESALEHAN SOSIAL SISWA PROGRAM AKSELERASI DI SMA N 1 YOGYAKARTA

RATNANINGSIH AMBARWATI, NIM. 11410205 (2015) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KESALEHAN SOSIAL SISWA PROGRAM AKSELERASI DI SMA N 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KESALEHAN SOSIAL SISWA PROGRAM AKSELERASI DI SMA N 1 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KESALEHAN SOSIAL SISWA PROGRAM AKSELERASI DI SMA N 1 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)

Abstract

RATNANINGSIH AMBARWATI. Hubungan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Kesalehan Sosial pada Siswa Program Akselerasi di SMA N 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya siswa yang memiliki prestasi PAI bagus maka mereka akan memiliki tingkat kesalehan sosial yang bagus juga. Namun kenyataannya ada siswa yang memiliki prestasi belajar PAI bagus tetapi tingkat kesalehan sosialnya kurang bagus. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan Kesalehan Sosial pada siswa program akselerasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana prestasi belajar PAI siswa akselerasi (2) Bagaimana tingkat kesalehan sosial siswa akselerasi dan (3) Adakah hubungan antara prestasi belajar PAI dengan kesalehan sosial pada siswa program akselerasi di SMA N 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Kesalehan Sosial pada Siswa Program Akselerasi di SMA N 1 Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa muslim program akselerasi di SMA N 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan akan melalui uji analisis instrumen meliputi: analisis validitas, reliabilitas, normalitas dan linearitas. Hasil uji validitas menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 26 butir terbukti valid, hasil uji reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,901 dan dinyatakan reliabel, hasil uji normalitas menunjukkan nilai signifikansinya adalah sebesar 0,672 dan dinyatakan normal, dan hasil analisis linearitas menunjukkan nilai signifikansi adalah sebesar 0,498 dan dinyatakan linear. Analisis data meliputi analisis deskriptif, dan analisis korelasi. Penelitian ini bertumpu pada penelitian kuantitatif. Analisis data dengan menggunakan teknik korelasi parsial. Proses perhitungannya menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 16 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Prestasi belajar PAI siswa akselerasi adalah amat baik. (2) Kesalehan sosial siswa akselerasi adalah cukup baik. (3) Tidak terdapat hubungan signifikan antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan Kesalehan Sosial pada siswa program akselerasi di SMA N 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 May 2015 11:31
Last Modified: 18 May 2015 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16077

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum