KOMPETENSI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM BUKU CARA NABI MENDIDIK ANAK KARYA MUHAMMAD IBNU ABDUL HAFIDH SUWAID DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SD/MI PADA KURIKULUM 2013

NELLA HIDAYAH, NIM. 11410224 (2015) KOMPETENSI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM BUKU CARA NABI MENDIDIK ANAK KARYA MUHAMMAD IBNU ABDUL HAFIDH SUWAID DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SD/MI PADA KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM BUKU CARA NABI MENDIDIK ANAK KARYA MUHAMMAD IBNU ABDUL HAFIDH SUWAID DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SD/MI PADA KURIKULUM 2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM BUKU CARA NABI MENDIDIK ANAK KARYA MUHAMMAD IBNU ABDUL HAFIDH SUWAID DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI SD/MI PADA KURIKULUM 2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NELLA HIDAYAH. Kompetensi Anak Usia Sekolah Dasar dalam Buku Cara Nabi Mendidik Anak karya Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid dan Relevansinya dengan Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti SD/MI pada Kurikulum 2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah setiap anak memiliki berbagai potensi yang diberikan oleh Allah swt. yang harus dikembangkan oleh pendidik. Dijelaskan dalam Al-Qur’an bahwa potensi manusia cenderung pada potensi positif. Akan tetapi hal ini juga bergantung pada lingkungannya, baik dari orang tua, sekolah ataupun yang lain. Melalui proses belajar mengajar, potensi akan berkembang menjadi kompetensi. Setiap tahap perkembangan yang dialami anak akan ditemukan tingkat kompetensi yang berbeda. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mengembangkan potensi anak ke arah yang positif, maka para pendidik harus memahami tingkat perkembangan anak, baik dari sisi biologis, didaktis maupun psikologis pada anak. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui rumusan kompetensi anak usia sekolah dasar menurutMuhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kompetensi anak usia sekolah dasar menurut Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid (3) Untuk mengetahui relevansi pandangan Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid tentang kompetensi anak usia sekolah dasar dengan Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti SD/MI pada Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis pedagogis. Sumber data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, potensi yang dimiliki anak harus dikembangkan melalui proses pendidikan oleh orang tua maupun pendidik, sehingga mewujudkan kompetensi, kompetensi tersebut meliputi: kompetensi spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan. Kedua, ada beberapa upaya yang dapat digunakan oleh pendidik untuk mengembangkan kompetensi anak baik dalam kompetensi spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan yakni sesuai dengan pendidikan anak yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw. Ketiga, menurut Suwaid tentang kompetensi anak terdapat relevansi dengan kompetensi inti yang terdapat dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SD/MI pada Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kompetensi Anak Usia Sekolah Dasar, Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid, Mata Pelajaran PAIKurikulum 2013
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 May 2015 11:33
Last Modified: 18 May 2015 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16078

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum