REFORMASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM)

LENI MARLINA, NIM. 11411002 (2015) REFORMASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REFORMASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (REFORMASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)

Abstract

LENI MARLINA. Reformasi Sistem Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Hasan Al-Banna dan Implementasinya dalam Pendidikan Islam). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Berbicara tentang reformasi dalam pendidikan Islam tidak terlepas dari adanya pembaharuan dan perbaikan yang merupakan perkenalan sarana untuk meningkatkan beberapa aspek dalam proses pendidikan agar terjadi perubahan secara kontras dari sebelumnya dengan maksud-maksud tertentu yang ditetapkan. Proses pendidikan merupakan sebuah sistem dimana keberhasilannya ditentukan oleh seberapa besar fungsi komponen pendidikan tersebut dalam merealisasikan target dari pada tujuan yang telah ditentukan. Selanjutnya, agar manusia dapat memahami segala perubahan maka ia harus dapat memahami peristiwa-peristiwa masa lalu sebagai cermin dan bahan pertimbangan dalam merumuskan harapan di masa depan. Di antara beberapa tokoh pembaharu Islam, Hasan Al-Banna adalah salah satu tokoh reformis yang berani menyuarakan ide, konsep, dan pemikiran yang (dinilai) kontoversial di Mesir pada masanya. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini bersifat Deskriptif Analitik, yakni penyusun berusaha mengumpulkan data dari penelitian kesejarahan, yaitu pemikiran Hasan Al-Banna tentang Reformasi sistem pendidikan Islam. Dalam menyusun penelitian ini, pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan Normatif dan historis. Kesimpulan akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa: reformasi sistem pendidikan Islam Hasan Al-Banna tersebut; Pertama, Hasan Al-Banna menawarkan sistem pendidikan yang universal dan mengenalkan metode dalam sistem pendidikan Islam dengan metode Usrah, Katibah, Rihlah, Daurah, dan Muktamar, tujuan yang ingin dicapai oleh Al-Banna dalam pendidikan Islam adalah terciptanya individu muslim, terciptanya rumah tangga muslim, warga Negara muslim, dan terciptanya pemerintah muslim. Kedua, implementasi pendidikan Hasan Al-Banna dalam pendidikan Islam dituangkan dalam metode-metode pendidikan Islanya antara lain; Usrah yang merupakan bagian dari sistem pendidikan berupa kurikulum yang akan dilaksanakan dalam pendidikan Islam yang mencakup aspek, aqidah, ibadah, moral, dan wawasan pengetahuan, metode katibah pelaksanaan melalui metode ceramah dalam pendidikan Islam yaitu peran peserta didik sebagai penerima materi, metode rihlah yaitu metode karya wisata dalam pendidikan Islam bertujuan melatih individu bersikap lebih terbuka, objektif dan luas pandangan mereka terhadap dunia luas, metode daurah dan maktamar merupakan turunan dari metode diskusi yaitu untuk memberikan kesempatan kepada individu untuk bisa mengemukakan pendapatnya. Ketiga, adanya evaluasi, evaluasi yang dimaksud adalah evaluasi tentang proses belajar mengajar dimana pendidik harus berinteraksi dengan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Karwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Reformasi, Sistem pendidikan Islam, Hasan Al-Banna
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 May 2015 11:35
Last Modified: 18 May 2015 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum