IMPLEMENTASI METODE IMLA’ UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A MTS NEGERI SEYEGAN

NUR FAIZAH, NIM. 09420018 (2014) IMPLEMENTASI METODE IMLA’ UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A MTS NEGERI SEYEGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE IMLA’ UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A MTS NEGERI SEYEGAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE IMLA’ UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A MTS NEGERI SEYEGAN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan mendeskripsikan metode imla’, dalam pembelajaran bahasa arab, untuk peningkatan keaktifan siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif yang mengambil lokasi di MTs Negeri Seyegan. Pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa arab dan peningkatan keaktifan siswa setelah menggunakan metode imla’. Adapun kegiatan penelitian ini meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 3 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan dengan diawali observasi awal pembelajaran dan pra tindakan. Penerapan metode imla‟ ini lebih terpusat kepada siswa dalam proses pembelajaran, dan memberikan tugas dari materi yang didektekan oleh peneliti. Akhir dari kegiatan ini adalah evaluasi/penilaian dari setiap hasil tugas yang diberikan. Kedua, adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran bahasa arab, aspek keaktifan siswa tersebut meliputi: menyalin teks bacaan, menulis huruf hijaiyah dengan tepat, berani menulis di papan tulis, menjawab pertanyaan dari guru, mengajukan pertanyaan kepada guru. Secara umum, peningkatan yang terjadi cukup signifikan. Pada pra tindakan diperoleh hasil prosentase sebesar 39.6%, pada siklus I meningkat menjadi 61%, siklus II meningkat menjadi 74.8%, dan siklus III meningkat menjadi 92.2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radjasa, M.Si,
Uncontrolled Keywords: peningkatan keaktifan siswa dalam belajar bahasa arab melalui metode imla’.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 May 2015 13:49
Last Modified: 18 May 2015 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum