METODE TARJAMAH ḪARFIYYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRA JEJERAN BANTUL

AHMAD FAISHAL FARID, NIM. 09420173 (2015) METODE TARJAMAH ḪARFIYYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRA JEJERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE TARJAMAH ḪARFIYYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRA JEJERAN BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (METODE TARJAMAH ḪARFIYYAH DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYYAH AN-NAWAWI PUTRA JEJERAN BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Ahmad Faishal Farid, Metode Tarjamah Ḫarfiyyah dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyyah An-Nawawi Putra Jejeran Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Metode Tarjamah Ḫarfiyyah dalam Pembelajaran Kitab Kuning, faktor penghambat dan cara mengatasinya pada santri putra Madrasah Diniyyah An-Nawawi Jejeran Bantul. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran bahasa pada umumnya dan khususnya Madrasah Diniyah An-Nawawi sendiri sebagai tempat dilakukanya penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah An-Nawawi Jejeran Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Data Kualitatif yaitu dengan menggunakan metode berfikir Induktif. Subyek penelitian ini adalah para santri putra yang belajar di Madrasah Diniyyah An-Nawawi Putra Jejeran Bantul dengan jumlah santri 95 yang terbagi dalam 7 tingkatan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Tarjamah Ḫarfiyyah dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyyah An-Nawawi masih konsiten dan juga melibatkan banyak unsur-unsur didalamnya yaitu: a) Kualitas pengasuh beserta staf pendidik yang berkompeten dalam menjalankan tugasnya. b) Kurikulum yang disesuaikan menurut kemampuan siswa atau tingkatan kelas. c) Kondisi lingkungan yang mendukung. d) Dukungan dari berbagai pihak (pengasuh pesantren Al-Fithroh, orang tua/wali, pemerintah, masyarakat, dan institusi Madrasah ). f) Perhatian khusus kepada tujuan didirikannya Madrasah Diniyyah. Metode Pembelajaran di Madrasah Diniyyah An-Nawawi Putra sudah baik akan tetapi masih ada hambatan-hambatan dalam memperlancar proses pembelajaran, diantara hambatan itu antara lain; latar belakang yang berbeda-beda sehingga harus sabar dalam menghadapi para santri, kurangnya kesadaran santri memegang erat tradisi pesantren: Muroja’ah, Muthola’ah dan Mudzakaroh (Evaluasi Harian), kurangnya sarana dan prasarana seperti media pembelajaran, ruang kelas yang kurang memadai sehingga ada beberapa kelas ditempatkan di depan komplek-komplek Pondok Pesantren Al-Fithroh. Dari hambatan yang ada dalam proses belajar mengajar tersebut, maka diperlukan upaya untuk mengatasi nya dengan lebih memperhatikan segala Problematika yang menghambat berjalannya proses pembelajaran dan meraih tujuan pembelajaran di Madrasah Diniyyah An-Nawawi Putra Jejeran Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 May 2015 08:15
Last Modified: 28 Jul 2017 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16086

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum