KALIMAT PERTANYAAN DALAM BAHASA ARAB DAN INGGRIS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN DUAL LANGUAGE METHOD

ATOK RAHMAN, NIM. 09420198 (2015) KALIMAT PERTANYAAN DALAM BAHASA ARAB DAN INGGRIS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN DUAL LANGUAGE METHOD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KALIMAT PERTANYAAN DALAM BAHASA ARAB DAN INGGRIS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN DUAL LANGUAGE METHOD)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KALIMAT PERTANYAAN DALAM BAHASA ARAB DAN INGGRIS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN DUAL LANGUAGE METHOD)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji permasalahan gramatika yang memfokuskan pada kajian kalimat pertanyaan baik dalam bahasa Arab (kalimah al-istifham) maupun bahasa Inggris (interrogative sentence). Adapun latar belakang yang mendasari kajian mengenai kalimat pertanyaan dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris di dalam penelitian ini adalah kesalahan berbahasa, yaitu kesalahan dalam memahami gramatika kalimat pertanyaan pada kalimat pertanyaan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Adapun tujuan penyusunan penelitian ini yaitu untuk mengkaji persamaan dan perbedaan kedua kalimat berbahasa tersebut serta implikasinya terhadap pengembangan dual language method. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis analisisnya menggunakan studi kepustakaan atau library research. Data diolah dengan menggunakan metode deskriptif dari segi penyajiannya dan metode analisis kontrastif dari segi analisisnya. Analisis kontrastif (contrastive analsysis) yaitu sebuah pendekatan pengajaran bahasa kepada pelajar bilingual. Pendekatan anakon yang dijalankan secara disiplin dan seksama sesuai dengan medium, gaya, ragam dan konteks akan dapat mencegah terjadinya interferensi. Melalui analisis tersebut diharapkan guru atau pengajar bahasa dapat lebih mudah dalam mengajar dan belajar bahasa serta tidak mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan bahasa yang dipelajari. Dari analisis yang dilakukan, maka penulis menemukan persamaan dan perbedaan antara kalimat pertanyaan bahasa Arab dan bahasa Inggris yang telah dianalisis pada bagian pembahasan. Penyebab kesalahan berbahasa adalah karena adanya kesulitan sistem dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris itu sendiri dan adanya interferensi kaidah berbahasa Arab sebagai bahasa pertama terhadap bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Analisis kontrastif memiliki peranan penting dalam pengembangan dual language method. Dengan menggunakan analisis ini, guru atau pengajar bahasa akan lebih mudah menemukan persamaan dan perbedaan kalimat pertanyaan dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, sehingga akan meminimalisir kesalahan peserta didik dalam mempelajari dua bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Adzfar Ammar, MA
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis Kontrastif, Kalimat Pertanyaan, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Dual Language Method.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 May 2015 08:40
Last Modified: 28 Jul 2017 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16087

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum