PENGARUH BOARDING SCHOOL TERHADAP PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SEKOLAH PADA KELAS X MAN 2 WATES KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015

RIRIS MARDIYANA, NIM. 11420040 (2015) PENGARUH BOARDING SCHOOL TERHADAP PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SEKOLAH PADA KELAS X MAN 2 WATES KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BOARDING SCHOOL TERHADAP PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SEKOLAH PADA KELAS X MAN 2 WATES KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BOARDING SCHOOL TERHADAP PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SEKOLAH PADA KELAS X MAN 2 WATES KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Riris Mardiyana, Pengaruh Boarding School Terhadap Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Arab Kelas X MAN 2 Wates Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunana Kalijaga, 2015. Upaya sekolah dalam mempersiapkan generasi bangsa untuk menghadapi tantangan globalisasi salah satunya menyelenggarakan sekolah berasrama yang sering di sebut dengan boarding school. Boarding school cenderung memiliki kualitas pendidikan yang lebih baik dibandingkan kelas regular khususnya di bidang dinniyyah (keagamaan). Pembelajaran di boarding school meliputi ilmu umum, ilmu agama, dan kebahasaan. Program bahasa yang menjadi program unggulan boarding school adalah bahasa Arab. Prestasi unggul dari siswasiswinya merupakan komitmen yang harus di bangun oleh sekolah. Oleh karena itu, dengan diadakan pengajaran bahasa Arab di boarding school dan di kelas diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh boarding school terhadap perbedaan prestasi belajar bahasa Arab. Kedua, untuk mengetahui prestasi belajar sswa yang tinggal di boading school dengan siswa yang tidak tinggal di boarding school. Peneliti mengambil latar belakang sekolah dan boarding school MAN 2 Wates serta prestasi siswa-siswi di kelas dan boarding school MAN 2 Wates. Jenis metode penelitian ini adalah kausal-komparatif dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), dokumentasi, wawancara, angket, dan tes. Analisa data dilakukan dengan metode analisis model Miles and Huberman dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan kemudian dari makna tersebut akan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab MAN 2 Wates di dua tempat, yaitu di kelas dan boarding school MAN 2 Wates. Kedua, ada pengaruh boarding school terhadap perbedaan pretasi belajar bahasa Arab antara siswa yang tingal di boarding school dan siswa yang tidak tinggal di boarding school berdasarkan hasil nilai tes, UTS, dan UAS. Ketiga, hasil prestasi bahasa Arab menunjukkan bahwa nilai siswa yang tinggal di boarding school lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak tinggal di boarding school berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan excel menunjukkan nilai rerata bahasa Arab siswa boarding school > nilai rerata bahasa Arab siswa non boarding school.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 May 2015 09:17
Last Modified: 20 May 2015 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16094

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum