PENGARUH PROFESIONALISME KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI KINERJA GURU DALAM MENGAJAR DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA

JATRA YASMI ANRI, NIM. 07470033 (2015) PENGARUH PROFESIONALISME KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI KINERJA GURU DALAM MENGAJAR DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROFESIONALISME KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI KINERJA GURU DALAM MENGAJAR DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROFESIONALISME KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI KINERJA GURU DALAM MENGAJAR DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kehadirannya Kepala MAN Pakem, Sleman, Yogyakarta yang masih baru menjabat di sekolah tersebut. Sehingga berpengaruh pada etos kerja para guru dan kemajuan madrasah. Selain itu butuh penyesuaian kembali antara para pendidik dengan sistem dan gaya kepemimpinan Kepala Madrasah yang baru yang berdampak para guru senior kurang antusias dan mendukung VISI dan MISI sekolah, disebabkan merasa lebih senior atau lebih lama di sekolah MAN Pakem. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di MAN Pakem Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilih dan memusatkan data yang telah dikumpulkan, kemudian menyusun pola hubungan dari hasil penelitian dalam bentuk naratif deskriptif, kemudian menarik kesimpulan dari data-data yang telah diperoleh. Verivikasi dilakukan dalam bentuk penyajian dan penarikan kesimpulan dari datadata yang telah terkumpul di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengaruhnya profesionalisme kepemimpinan Kepala Madrasah sangat dominan sekali terhadapkinerja bapak dan ibu gurudalammengajar.(2)Langkah yang dilakukan Kepala Madrasah dalam memberikan motivasi kinerja guru dengan melakukan sosialisasi, memberikan contoh tauladan, mengadakan evaluasi.(3)Faktor pendukung dalam memberikan motivasi yaitu semangat tinggi yang dimiliki kepala sekolah walupun kondisinya kurang sehat lagi, fasilitas disekolah memadai dan semangat kerja dari para guru bagus. Adapun faktor penghambatnya adalah guru senior yang yang kurang memperhatikan dan menjalankan arahan Kepala Madrasah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, motivasi, kinerja
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 May 2015 08:24
Last Modified: 22 May 2015 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16096

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum