“ EFEKTIVITAS ICEBREAKER DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS VIII MTS N NGEMPLAK SLEMAN)

NURUL LUBAB ABDILLAH, NIM. 11420061 (2015) “ EFEKTIVITAS ICEBREAKER DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS VIII MTS N NGEMPLAK SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“ EFEKTIVITAS ICEBREAKER DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS VIII MTS N NGEMPLAK SLEMAN))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (“ EFEKTIVITAS ICEBREAKER DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS VIII MTS N NGEMPLAK SLEMAN))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurul Lubab Abdillah. Efektivitas Icebreaker Dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Bahasa Arab” (Studi Eksperimen terhadap Siswa kelas VIII MTs N Ngemplak Sleman). Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Icebreaker lebih efektif daripada pembelajaran tanpa memakai Icebreaker terhadap minat dan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII Mts N Ngemplak Sleman Yogyakarta dengan menghitung signifikasi peningkatan antara keduanya. Hipotesis Alternatif Penelitian ini ada dua yaitu : pertama, Ada perbedaan yang signifikan pada peningkatan minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII Mts N Nglempak Sleman antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dan kedua; Ada perbedaan yang signifikan pada peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII Mts N Nglempak Sleman antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Penelitian ini meupakan penelitian eksperimen, dengan model desain eksperimen kuasi (Quasi Experimental). Dengan memiliki dua variabel, yang pertama variabel bebas yaitu teknik Icebreaker dan tanpa teknik Icebreaker, yang kedua variabel terikat yaitu minat dan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Mts N Ngemplak. Kemudian dipilih sampel kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi memberikan pretes dan post tes dengan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji „t” dengan bantuan SPSS, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis. Dari penelitian uji “t” pada perbandingan peningkatan skor minat antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diketahui harga tobservasi (4,694) > ttabel (2,008). Berdasarkan pengambilan keputusan jka t hitung > t tabel dan perolehan nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05 taraf signifikasi 5 % maka, maka Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diatas diterima dan pada perbandingan peningkatan hasil belajar diperoleh harga tobservasi (4,235) > ttabel (2,008). Berdasarkan pengambilan keputusan jka t hitung > t tabel dan perolehan nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05 dengan taraf signifikasi 5 % maka, maka Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif diatas (Ha) diterima. Maka dari peningkatan tes dan angket H0 di tolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik Icebreaker lebih efektif untuk meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Munip, M.Ag
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 May 2015 08:47
Last Modified: 22 May 2015 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16100

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum