STUDI KOMPARASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH (TELAAH TUJUAN, MATERI, DAN METODE)

NURUL AINI, NIM. 11420067 (2015) STUDI KOMPARASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH (TELAAH TUJUAN, MATERI, DAN METODE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH (TELAAH TUJUAN, MATERI, DAN METODE))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH (TELAAH TUJUAN, MATERI, DAN METODE))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurul Aini (11420067), Studi Komparasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013 Bahasa Arab Madrasah Aliyah (Telaah Tujuan, Materi, dan Metode), Skripsi, Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan yang terdapat dalam KTSP dan Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah dari aspek tujuan, materi dan metode. Serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua kurikulum tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yang digunakan adalah undang-undang dan peraturan pemerintah tentang KTSP dan Kurikulum 2013. Sumber data sekunder adalah buku-buku penunjang yang terkait dengan kedua kurikulum tersebut. Analisis datanya menggunakan analisis isi. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan tujuan dalam pembelajaran bahasa Arab pada KTSP dan Kurikulum 2013 sama-sama untuk mendorong dalam kamampuan empat keterampilan berbahasa yang seimbang. Perbedaanya adalah jika pada KTSP standar kompetensi lulusan pada setiap mata pelajaran berbeda-beda, tetapi pada kurikulum 2013 standar kompetensi lulusan diintegralkan ke dalam semua mata pelajaran. Materi bahasa Arab dalam KTSP dan Kurikulum 2013 memiliki tema-tema yang sama. Perbedaannya, jika pada KTSP materi-materi termuat dalam bentuk SK dan KD sedangkan pada kurikulum 2013 termuat dalam bentuk KI dan KD. Metode pembelajaran pada KTSP dan kurikulum 2013 memiliki prinsip yang sama yaitu pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Perbedaannya, jika dalam KTSP pendekatan dan metode pembelajaran bervariasi, sedangkan dalam Kurikulum 2013 pendekatan yang digunakan adalah pendekatan santifik sehingga metode yang digunakan disesuaikan dengan pendekatan tersebut. Kelebihan pada KTSP diantaranya tujuan pembelajaran sesuai dengan aspek kompetensi yang diharapakan, materi pembelajaran ringan, metode yang bermacam-macam membuat guru bebas berekspresi untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Kekurangan KTSP antara lain lebih menonjolkan aspek pengetahuan saja, cakupan tema-tema materi masih terlalu luas. Kelebihan kurikulum 2013 diantaranya menyeimbangkan antara ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, tema-tema materi lebih terperinci. Kekurangannya antara lain dengan pendekatan saintifik yang digunakan, guru dituntut untuk memilih metode yang sesuai dengan pendekatan tersebut serta materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Hj. R. Umi Baroroh M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: KTSP, Kurikulum 2013, Tujuan, Materi,Metode
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 May 2015 08:51
Last Modified: 22 May 2015 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16102

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum