ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB SISWI MTS MULTILINGUAL KELAS VIII MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

NURUL UTAMI, NIM. 11420075 (2015) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB SISWI MTS MULTILINGUAL KELAS VIII MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB SISWI MTS MULTILINGUAL KELAS VIII MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA ARAB SISWI MTS MULTILINGUAL KELAS VIII MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nurul Utami (11420075), Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Siswi MTs Multilingual kelas VIII Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan berbahasa Arab siswi baik lisan maupun tulisan dalam kategori linguistik, faktorfaktor penyebab kesalahan berbahasa Arab dan upaya untuk meminimalisasi kesalahan berbahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dilakukan di lingkungan Madrasah Mu‟allimaat Muhammadiyah, yaitu asrama Ummu Salamh Barat dengan sampel 32 siswi. Sedangkan pengupulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan berbahasa ada 4, yaitu kesalahan fonologi, kesalahan morfologi, kesalahan sintaksis dan kesalahan semantik. Faktor penyebab kesalahan berbahasa Arab adalah karakteristik bahasa Arab yang berbeda dengan bahasa Indonesia, motivasi yang rendah dalam berbahasa dan pelajaran bahasa Arab kurang diaplikasikan dalam kehidupan asrama. Upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi kesalahan adalah meningkatkan motivasi berbahasa Arab bagi guru, musyrifah dan siswi. Selain itu juga mengadakan Islah al lugah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Hj.R.Umi Baroroh, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis Kesalahan, Bahasa Arab, Linguistik
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 May 2015 08:58
Last Modified: 22 May 2015 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum