BIMBINGAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

EVA VAUZIAH, NIM. 12220069 (2016) BIMBINGAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
12220069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)
12220069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (646kB)

Abstract

Terkadang masyarakat umum meremehkan bakat anak tunagrahita, akan tetapi melalui lembaga pendidikan di SLB Negeri Pembina Yogyakarta, minatminat anak tunagrahita diubah menjadi bakat yang dapat dikembangkan dan menjadi ciri khas bagianak tunagrahita.Salah satu kemungkinan penyebab rendahnya kreativitas anak Indonesia adalah lingkungan yang kurang menunjang anak Indonesia untuk mengekspresikan kreativitasnya, khususnya lingkungan keluarga dan sekolah. Tunagrahita adalah individu yang mengalami kecacatan pada mentalnya bukan pada anggota tubuhnya. Karena anak tunagrahita mengalami keterbatasan dalam berfikir sehingga di dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan dalam mengembangkan potensi yang dimiliki seperti layaknya anak normal banyak mengalami kesulitan dan hambatan, oleh sebab itu anak tunagrahita membutuhkan bimbingan kemandirian agar bisa lebih mandiri dalam mengembangkan potensi yang dimiliki tanpa bergantung pada orang lain serta dapat bekal untuk masa depannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang dilakukan dalam bimbingan kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler musik pada anak tunagrahita di SLB Negeri Pembina. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi yang dilakukan dengan cara triangulasi teknik, sumber data, dan waktu. Analisis data yang digunakan menggunakan teori Milles dan Huberman dalam bukunya Sugiyono dengan mereduksi data yang didapat kemudian menyajikan data kedalam pola dan membuat kesimpulan dan verifikasi dari hasil tersebut.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bimbingan kemandirian anak tunagrahita melalui kegiatan ekstrakurikuler musik adalah dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida. S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kemandirian, Anak Tunagrahita, Ekstrakurikuler Musik.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Apr 2016 11:19
Last Modified: 28 Apr 2016 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16105

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum