PROBLEMATIKA AKSEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

MUHAMMAD WACHID ABRORI, NIM. 11420113 (2015) PROBLEMATIKA AKSEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA AKSEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA AKSEN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB)

Abstract

MUHAMMAD WACHID ABRORI (11420113), Problematika Aksen dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang muncul berkenaan dengan aksen mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika yang timbul dari aksen mahasiswa di kelas bahasa Arab Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014/2015. Diharapkan, dengan diketahuinya problematika aksen bahasa Arab dari beberapa daerah di Indonesia dapat membantu proses pembelajaran bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, khususnya dari aspek Linguistik sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Jumlah mahasiswa kelas bahasa Arab Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga tahun ajaran 2014/2015 adalah 1354 mahasiswa yang terdiri dari 4 fakultas, yaitu : fakultas Adab, fakultas Syariah, fakultas Soshum dan fakultas Ushuluddin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif analitik yaitu dengan prosedur pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aksen menjadi problematika dalam pembelajaran bahasa Arab di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Kalijaga, yaitu dalam pelafalan huruf ,ص ,ش ,س ,ز ,غ ,ق ,ف ,ر ,ض ,ح ,ع ت ,د ,ث dan ط. Yang mana problematika ini berdampak terhadap maharah al Kalam dan maharah al Qiro‟ah, diantaranya dapat merubah makna dan arti kalimat yang disampaikan, sehingga kalimat menjadi berubah makna, bahkan menjadi tidak memiliki makna. Pihak Pusat Pengembangan Bahasa telah mimiliki langkah-langkah untuk mengatasi problematika ini, yaitu menyediakan tenaga pengajar yang kompeten serta profesional, mengembangkan kajian kebahasaan, menyelenggarakan lombalomba seperti pidato bahasa arab dan Inggris setiap semester, peningkatan tugas, dan memotovasi mahasiswa. Dengan adanya langkah-langkah ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengatasi problematika aksen dalam pembelajaran bahasa Arab dan mempermudah mahasiswa dalam mempelajari bahasa Arab khususnya dan bahasa asing pada umumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kata Kunci : Problematika, Aksen.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Problematika, Aksen.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 May 2015 09:07
Last Modified: 25 May 2015 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum