PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AKSELERASI MUMTAZ TSANI PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK TREMAS PACITAN TAHUN AJARAN 1435/1436 H. (TINJAUAN METODOLOGI DAN STRATEGI)

APRIANI NOVITASARI, NIM. 11420123 (2015) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AKSELERASI MUMTAZ TSANI PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK TREMAS PACITAN TAHUN AJARAN 1435/1436 H. (TINJAUAN METODOLOGI DAN STRATEGI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AKSELERASI MUMTAZ TSANI PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK TREMAS PACITAN TAHUN AJARAN 1435/1436 H. (TINJAUAN METODOLOGI DAN STRATEGI))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS AKSELERASI MUMTAZ TSANI PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK TREMAS PACITAN TAHUN AJARAN 1435/1436 H. (TINJAUAN METODOLOGI DAN STRATEGI))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Apriani Novitasari. Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas Akselerasi Mumtaz Tsani Putri Madrasah Tsanawiyah Pondok Tremas Pacitan, Tahun Ajaran 1435/1436 H. (Tinjauan Metodologi dan Strategi). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan metode apa saja yang digunakan oleh guru bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas mumtaz tsani putri Madrasah Tsanawiyah Pondok Tremas Pacitan, serta untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini diharapkan akan membantu para pendidik agar lebih bijak dalam memilih dan menggunakan strategi dan metode yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian pada seluruh siswa kelas mumtaz tsani putri Madrasah Tsanawiyah Pondok Tremas yang berjumlah 44 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analitik, yaitu dengan mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian dan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi pembelajaran bahasa Arab yang digunakan di kelas akselerasi mumtaz tsani putri Madrasah Tsanawiyah Pondok Tremas Pacitan, yaitu strategi yang berpusat pada guru (teacher center) dan strategi yang berpusat pada siswa (student center). Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan antara lain: metode ceramah, metode Tharīqatu al-Qa wa>’i d wal al-Tarjamah (Metode Tata bahasa dan Terjemah), metode al-Tharīqatu al-Sam’iyah al-Syafa>wiyah, (Metode Audiolingual), metode Tharīqatu al-Qira>’ah (Metode Membaca), metode penugasan dan metode Problem Solving. (2) Hasil pembelajaran bahasa Arab di kelas akselerasi mumtaz tsani putri Madrasah Tsanawiyah Pondok Tremas di klasifikasikan ke dalam dua ranah yaitu ranah kognitif (pengetahuan) dan ranah afektif (sikap). Hasil evaluasi dari ranah kognitif pembelajaran bahasa Arab di kelas akselerasi mumtaz tsani putri Madrasah Tsanawiyah Pondok Tremas dengan jumlah murid 44 siswi yang harus menempuh masa studi selama 2 tahun, menunjukkan angka yang cukup memuaskan karena rata-rata keseluruhan siswa adalah 77,1. Begitu juga sebanding dengan hasil evaluasi pembelajaran dari segi ranah afektif yang menunjukkan hasil yang baik dalam berinteraksi sosial dan bersikap dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Kelas Akselerasi, Metode, Strategi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 May 2015 09:27
Last Modified: 28 Jul 2017 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16111

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum