PENGGUNAAN EBOOK KAMUS AL-MUNAWWIR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASANTRI MA’HAD ‘ALY AL TARMASIE PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN JAWA TIMUR SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 1435-1436 H

USWATUN KHASANAH, NIM. 11420124 (2015) PENGGUNAAN EBOOK KAMUS AL-MUNAWWIR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASANTRI MA’HAD ‘ALY AL TARMASIE PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN JAWA TIMUR SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 1435-1436 H. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN EBOOK KAMUS AL-MUNAWWIR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASANTRI MA’HAD ‘ALY AL TARMASIE PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN JAWA TIMUR SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 1435-1436 H)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN EBOOK KAMUS AL-MUNAWWIR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAHASANTRI MA’HAD ‘ALY AL TARMASIE PERGURUAN ISLAM PONDOK TREMAS PACITAN JAWA TIMUR SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 1435-1436 H)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)

Abstract

USWATUN KHASANAH, Penggunaan Ebook Kamus Al Munawwir Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasantri Ma’had ‘Aly Al Tarmasie Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan Jawa Timur Semester 1 Tahun Ajaran 1435-1436 H. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan penggunaan ebook kamus Al-Munawwir, dan bagaiamana pemanfaatan dalam pembelajaran, juga kendala dan upaya mahasantri dalam menggunakan ebook kamus Al Munawwir di Ma’had ‘Aly Al Tarmasie Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah beberapa dosen dan mahasantri semester 1 Ma’had Aly Al Tarmasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan analisa kualitatif, menggunakan metode induktif. Teori yang dibahas dalam penelitian ini yaitu kamus yang meliputi pengertian dan jenis-jenis kamus, juga membahas peran kamus dalam pembelajaran bahasa asing . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ebook kamus Al-Munawwir digunakan dalam pembelajaran karena lebih praktis, lebih mudah dan lebih cepat digunakan, juga munculnya semangat dari mahasantri dalam menggunakan ebook kamus Al-Munawwir. (2) Ebook kamus Al-Munawwir belum digunakan disemua mata kuliah, akan tetapi baru digunakan pada mata kuliah tarikh islam dan tafsir jalalain. Pembelajaran menggunakan ebook kamus Al-Munawwir sangat dianjurkan oleh muhadlir(dosen). (3) Sarana yang masih terbatas menjadi kendala digunakannya ebook kamus Al-Munawwir, akan tetapi mahasantri menggunakan sistem kerja kelompok agar setiap anggota kelompok dapat menggunakan ebook kamus Al-Munawwir. Penggunaan ebook kamus Al-Munawwir membantu mahasantri memiliki pengetaahuan memiliki wawasan mengenai perubahan kata dan pembentukannya. Seseorang yang mempelajari suatu bahasa hendaknya senantiasa menggunakan ebook kamus Al-Munawwir sebagai salah satu rujukan dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Penggunaan ebook kamus Al-Munawwir
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 May 2015 09:29
Last Modified: 25 May 2015 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum