JUMLAH ISMIYYAH DAN JUMLAH FI’LIYYAH DALAM KITAB JAWĀMI’UL KALIM KARYA KH. ALI MAKSUM DAN METODE PENGAJARANNYA

SITI MAHBUBAH, NIM. 11421007 (2015) JUMLAH ISMIYYAH DAN JUMLAH FI’LIYYAH DALAM KITAB JAWĀMI’UL KALIM KARYA KH. ALI MAKSUM DAN METODE PENGAJARANNYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUMLAH ISMIYYAH DAN JUMLAH FI’LIYYAH DALAM KITAB JAWĀMI’UL KALIM KARYA KH. ALI MAKSUM DAN METODE PENGAJARANNYA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (JUMLAH ISMIYYAH DAN JUMLAH FI’LIYYAH DALAM KITAB JAWĀMI’UL KALIM KARYA KH. ALI MAKSUM DAN METODE PENGAJARANNYA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siti Mahbubah. Jumlah Ismiyyah dan Jumlah Fi’liyyah dalam Kitab Jawāmi’ul Kalim Karya KH. Ali Maksum dan Metode Pengajarannya. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur‟an dan bahasa ritual keagamaan seperti shalat, dzikir, serta doa-doa, banyak sumber literatur menggunakan bahasa Arab, seperti halnya kitab Jawāmi’ul Kalim yang ditulis pula dengan bahasa Arab. Bahasa Arab memiliki tata bahasanya sendiri, tata bahasa ini sering disebut gramatika Arab, Nahwu-Sharaf atau Qawa’id, dan salah satu yang dibahas dalam gramatika Arab yakni membahas tentang jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah yang kedua pembahasan tersebut sangat penting untuk memahami bahasa Arab, dengan belajar jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah dapat menambah pemahaman terhadap struktur kalimat dalam bahasa Arab akan lebih mudah. Sehingga peneliti tertarik untuk mengkaji dalam bentuk karya ilmiah yang berjudul “Jumlah Ismiyyah dan Jumlah Fi’liyyah dalam Kitab Jawāmi’ul Kalim dan Metode Pengajarannya”. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana struktur penulisan jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah dalam kitab Jawāmi’ul Kalim?, bagaimana metode pengajaran jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah dalam kitab Jawāmi’ul Kalim, untuk mengetahui metode pengajaran jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah. Penelitian ini termasuk libraray research yang mengambil teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara. Untuk menarik kesimpulan peneliti menggunakan metode induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa contoh-contoh jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah dalam kitab Jawāmi’ul Kalim yang dipaparkan dengan metode pengajaran yang bermacam-macam dapat memudahkan proses pembelajaran pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurhadi M.A
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kitab Jawāmi’ul Kalim, Jumlah Ismiyyah dan Jumlah Fi’liyyah, Metode Pengajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 May 2015 09:40
Last Modified: 25 May 2015 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum