IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN YOGYAKARTA II

YUYUN BUDIARTI, NIM. 11480056 (2015) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN YOGYAKARTA II)
11480056_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MIN YOGYAKARTA II)
11480056_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB)

Abstract

Kurikulum merupakan alat yang digunakan sebagai acuan pendidikan. Seiring berjalannya waktu kurikulum terus mengalami perubahan, seperti pada KTSP ke kurikulum 2013. Terdapat beberapa penyempurnaan pada Standar Nasional Pendidikan (SNP), salah satu standar yang disempurnakan adalah standar penilaiannya. Penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013 adalah penilaian autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian autentik dalam pembelajran tematik kelas IV di MIN Yogyakarta II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru/wali kelas IV dan siswa kelas IV A, IV B, dan IV C di MIN Yogyakarta II. Objeknya adalah pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Proses penilaian autentik dilaksanakan terintegrasi dengan proses pembelajaran tematik di kelas. Proses penilaiannya dilakukan setiap hari secara terus menerus atau berkesinambungan. Guru sudah memakai berbagai teknik dan instrumen penilaian untuk menilai siswa yaitu tes tertulis, tes lisan, penugasan, observasi, portofolio dan unjuk kerja. Faktor pendukung pelaksanaan penilaian autentik ini adalah peran aktif siswa, pelatihan, sosialisasi, sarana prasarana dan workshop. Faktor penghambat yang paling utama adalah pengisian nilai rapor yang menggunakan sistem komputerisasi, kurangnya dukungan orang tua, kompetensi guru, ketersediaan buku guru dan siswa serta sistematika penilaian yang sangat rumit. Bentuk pelaporan hasil belajar melalui rapor dan tindak lanjut dengan remedi dan pengayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fatonah, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 May 2015 15:00
Last Modified: 26 May 2015 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16122

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum