PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY, DAN ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP MARKET VALUE ADDED PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERMASUK DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2009-2013

RESTI ARIYANI, NIM. 11390003 (2015) PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY, DAN ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP MARKET VALUE ADDED PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERMASUK DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2009-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY, DAN ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP MARKET VALUE ADDED PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERMASUK DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2009-2013)
11390003_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (35MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY, DAN ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP MARKET VALUE ADDED PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERMASUK DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2009-2013)
11390003_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi sekarang ini berimbas pada perkembangan dunia usaha, seperti terlihat semakin banyaknya perusahaan yang muncul dimasyarakat. Setiap perusahaan tentu saja bertujuan untuk mencapai laba semaksimal mungkin ataupun setinggi-tingginya. Selain itu, perusahaan juga diharapkan dapat memaksimalkan nilai perusahaannya yang dapat dilihat melalui Market Value Added (MVA). Teori signaling mengatakan bahwa perusahaan yang bagus kinerjanya dapat memberikan sinyal berupa porsi hutang yang tinggi pada struktur modalnya. Model signaling disini juga memprediksi perusahaan yang tinggi profitabilitasnya akan memberikan sinyal dengan memakai porsi hutang yang besar. Stern Stewart juga mengatakan bahwa peningkatan MVA bisa dilakukan dengan cara menaikkan Economic Value Added (EVA) suatu perusahaan secara terus menerus. Dengan demikian studi ini akan meneliti pengaruh DER, ROE, dan EVA terhadap MVA pada perusahaan yang termasuk ke dalam Jakarta Islamic Index tahun 2009-2013. Penelitian ini termasuk kategori penelitian pustaka. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh DER, ROE, dan EVA secara parsial dan simultan terhadap MVA pada perusahaan di JII. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di JII periode 2009-2013 yang telah mempublikasikan laporan keuangannya. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah MVA sedangkan variabel independennya adalah DER, ROE, dan EVA. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui website resmi perusahaan-perusahaan yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini, pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Islam Indonesia (UII), pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Indonesian Capital Market Directory (ICMD), media cetak dan elektronik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan DER, ROE dan EVA memiliki pengaruh terhadap MVA sebesar 51.8%. Secara parsial, variabel DER tidak berpengaruh terhadap MVA, variabel EVA juga tidak berpengaruh terhadap MVA. Sementara itu variabel yang berpengaruh terhadap MVA adalah ROE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M. Si, Ak
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio, Return on Equity, Economic Value Added, Market Value Added.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 May 2015 09:32
Last Modified: 27 May 2015 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum