HUBUNGAN PEMERINTAH DENGAN UMAT ISLAM STUDI REPRESENTASI PARTAI ISLAM ERA ORDE BARU DAN ERA REFORMASI

OKRISAL EKA PUTRA, Lc, M. Ag, NIM. 04.3.023 (2015) HUBUNGAN PEMERINTAH DENGAN UMAT ISLAM STUDI REPRESENTASI PARTAI ISLAM ERA ORDE BARU DAN ERA REFORMASI. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (HUBUNGAN PEMERINTAH DENGAN UMAT ISLAM STUDI REPRESENTASI PARTAI ISLAM ERA ORDE BARU DAN ERA REFORMASI)
Okrisal Eka Putra, Lc, M. Ag - NIM 04.3.023 Hubungan Pemerintah Dengan Umat Islam Studi Representasi Partai Islam Era Orde Baru dan Era Reformasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Okrisal Eka Putra, Hubungan Pemerintah Dengan Umat Islam (Kajian Representasi Partai Islam Era Orde Baru dan Era Reformasi) Salah satu kajian sosiologi agama adalah melihat hubungan antara bidang agama dan bidang kehidupan sosial seperti ekonomi, politik, dan kelas-kelas sosial, maka penelitian ini berusaha mengkaji kaitan agama denganbidang kehidupan sosial yang menjadikan politik sebagai salah satu ruang lingkupnya. Kegelisahan penulis yang mungkin juga kegelisahan umat Islam adalah ketika melihat ketimpangan, ketika umat Islam yang mayoritas di negara Indonesia ini tapi tidak menjadi penentu tunggal dari perjalanan kehidupan berpolitik. Mulai dari zaman Orde Lama, Orde Baru, bahkan zaman reformasi pun, partai Islam yang nota bene merupakan perwakilan aspirasi politik umat Islam tidak pernah menjadi pemenang dalam setiap pemilu. Paling-paling hanya bisa berperan sebagai faktor "penganggu" dalam pemilihan capres dan cawapres. Pertanyaan selanjutnya adalah ada apa dengan umat Islam Indonesia sehingga dalam setiap proses demokrasi seperti pemilu hanya dimanfaatkan oleh kelompok yang ingin meraih kekuasaan di negeri ini. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif-kualitatif. Data diambil berupa dokumentasi dan juga wawancara. Selanjutnya data dianalisis dengan deskriptis analitis. Untuk mengurai persoalan ini penulis menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, unit analisis pada institusi sosial dalam hal ini adalah agama dan partai politik. Penelusurannya melalui buku-buku dan jurnal serta tulisan para pemikir politik muslim. Selanjutnya dilakukan penafsiran data dan pengelompokan sesuai dengan jenis persoalannya dan kemudian dijabarkan melalui eksplanasi untuk menentukan variable. Hasil penelitian ini diharapkan memperkaya khazanah pemikiran umat Islam dalam bidang politik dan juga dalam memperjuangkan aspirasi umat Islam dalam kehidupan bernegara,serta untuk menyiapkan strategi jitu agar tidak lagi tertipu oleh lawan-lawan politiknya.Permasalahannya berdasar pada pemahaman umat Islam tentang kekuasaan, ayat dan hadis yang berisi tentang kekuasaan yang selalu memiliki multi intrepretatif yang pada gilirannya melahirkan puspawarna pemahaman dan mengkristal menjadi kelompok yang solid. Perbedaan itu cenderung sulit disatukan dalam satu wadah politik. Eksistensi primodialisme lebih menonjol daripada memikirkan kemajuan umat Islam dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Dari potret warna perpolitikan umat Islam tersebut kita melihat sebuah dialektika panjang antara dakwah dan politik dari Orde Baru yang merupakan pertarungan panjang antara umat Islam dan pemerintah sehingga melahirkan sikap antipati terhadap setiap kebijakan pemerintah, dan ini disikapi dengan ketegangan-ketegangan fisik yang melahirkan korban di kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Prof Dr. H. Iskandar Zulkarnain
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hubungan politik, pemerintah, umat Islam
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jun 2015 10:04
Last Modified: 01 Jun 2015 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum