PERSOALAN DAN UPAYA PENYELESAIAN HAJI TAHUN 2014/1435 H DALAM FRAMING HEADLINE SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI SEPTEMBER 2014

HALWANI SIDIQ, NIM. 09210059 (2015) PERSOALAN DAN UPAYA PENYELESAIAN HAJI TAHUN 2014/1435 H DALAM FRAMING HEADLINE SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI SEPTEMBER 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSOALAN DAN UPAYA PENYELESAIAN HAJI TAHUN 2014/1435 H DALAM FRAMING HEADLINE SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI SEPTEMBER 2014)
09210059_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERSOALAN DAN UPAYA PENYELESAIAN HAJI TAHUN 2014/1435 H DALAM FRAMING HEADLINE SURAT KABAR HARIAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI SEPTEMBER 2014)
09210059_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)

Abstract

Halwani Sidiq, 09210059 dengan judul skripsi “Persoalan dan Upaya Haji Tahun 2014/1435 H Dalam Framing Headline Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat Edisi September 2014”. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Informasi mengenai pelaksanaan ibadah haji mengalami banyak kritikan. Termasuk dari pemerintah sebagai induk dari program pelaksanaan ibadah haji yang dinilai masih minim fasilitas dan keamanan. Ada pula kasus dimana antrean daftar pemberangkatan haji dan umrah yang kian lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persoalan dan upaya wartawan Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat dalam membingkai berita seputar pelaksanaan ibadah haji pada tahun 2014/1435 H. Jenis penelitian ini tergolong deskriptif kualitatif, yang di dalamnya menggunakan analisis framing Robert N. Entmant. Entmant menggunakan empat kerangka fikir untuk meneliti peristiwa yang akan diwacanakan, yaitu; Define Problem (Pendefinisian Masalah), Diagnoses Causes (Memperkirakan Masalah), Make Moral Judgement (Membuat Keputusan Moral), dan Treatment Recommendation (Menekankan Penyelesaian). Teknik pengambilan sampel dalam Headline berita menggunakan Purpose Sampling (sampel bertujuan tertentu). Penulis mengumpulkan sumber data yang ada di dalam Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat sebanyak 16 Headline berita di bulan September 2014, kemudian 16 sampel tersebut dipilih secara berurutan dan menyesuaikan dengan isu apa yang hendak penulis teliti. Setelah disesuaikan, terpilihlah 3 sampel Headline berita di Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat. Hasil penelitian framing berita Headline berita haji pada Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat melalui analisis framing Robert N. Entmant ialah: 1. (Pendefinisian Masalah) Membludaknya Jamaah Haji Non Kuota, Daftar Tunggu Haji dan Umrah Yang Lama. 2. (Memperkirakan Masalah) Memposisikan pemerintah dalam hal ini Kementrian Agama sebagai regulator tentang pelaksanaan ibadah haji sebagai aktor penyebab masalah tetapi tidak diposisikan sepenuhnya sebagai aktor yang salah. 3. (Membuat Keputusan Moral) Koordinasi dan komunikasi antara pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementrian Agama dengan kerajaan Arab Saudi seharusnya terus dilakukan, agar diharapkan segera ditemukannya win-win solution. 4. (Menekankan Penyelesaian) Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta agar melaksanakan ibadah haji dengan kesungguhan hati yang dilandasi dengan keimanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khoiro Ummatin, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Framing, Headline Berita, Ibadah Haji 2014
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jun 2015 08:41
Last Modified: 11 Jun 2015 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16161

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum