PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 1 KEBONARUM KLATEN JAWA TENGAH

TRI UTAMI, NIM 11470146 (2015) PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 1 KEBONARUM KLATEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 1 KEBONARUM KLATEN JAWA TENGAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 1 KEBONARUM KLATEN JAWA TENGAH)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kesadaran beribadah peserta didik untukmelaksanakan ibadah shalat 5 waktu dan ibadah puasa. Masih banyak peserta didik perlu diingatkan oleh orang lain untuk mengerjakan ibadah shalat dan puasa. Meskipun mereka sudah mengetahui kewajiban ibadah seorang muslim apabila sudah baligh, tetapi masih banyak peserta didik belum melaksanakan ibadah tersebut. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kegiatan keagamaan dalam pembinaan kesadaran beribadah dilakukan di SMP Negeri 1 Kebonarum Klaten Jawa Tengah.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pembinaan kesadaran beribadah peserta didik melalui kegiatan keagamaanserta mengungkapkan faktor penghambat dan pendukung terhadap berjalannya kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kebonarum Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan keagamaan di SMP Negeri 1 Kebonarum Klaten Jawa Tengah meliputi pembinaan shalat wajib zuhur, pembinaan shalat sunnah dhuha, pembinaan shalat jum’at, pembinaan puasa Ramadan dan puasa sunnah, pembinaan pesantren kilat, pembinaan memperingati hari besar Islam (PHBI) dan pembinaan ekstra Baca Tulis Al-Qur’an (BTA). Faktor penghambat dalam proses pembinaan adalah 1)infrastrukur tempat ibadah yaitu masjid yang belum bisa menampung peserta didik dalam jumlah banyak, tempat wudhu antara putra dan putri yang masih menjadi satu, 2) keteladanan dari Bapak Ibu guru untuk menjalankan ibadah masih rendah, 3) kesadaran peserta didik untuk beribadah masih rendah. Faktor pendukung, 1) dukungan dari Kepala Sekolah yang selalu mendukung kegiatan keagamaan di sekolah, 2) bidang kesiswaan yang membantu dalam program kegiatan keagamaan di sekolah, 3) adanya masjid untuk tempat ibadah. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pembinaan kesadaran beribadah melalui kegiatan keagamaan yang difokuskan pada ibadah shalat dan ibadah puasa dapat meningkatkan kesadaran beribadah peserta didik untuk melaksanakan ibadah shalat dan puasa pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Kebonarum Klaten Jawa Tengah. Hal ini dapat dilihat dari perubahan perilaku peserta didik kelas VIII dalam mengikuti kegiatan keagamaan di lingkungan sekolah maupun dirumah. Hasil ini belum maksimal, karena kesadaran beribadah peserta didik untuk melaksanakan ibadah dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Kata Kunci : Kesadaran Beribadah, Kegiatan Keagamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mangun Budiyanto, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Beribadah, Kegiatan Keagamaan
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Jun 2015 09:18
Last Modified: 12 Jun 2015 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16178

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum